KARIR
- karir merupakan suatu kondisi yang menunjukkan adanya peningkatan status kepegawaian seseorang dalam suatu organisasi sesuai dengan jalur karir yang telah ditetapkan organisasi.
- karir adalah semua pekerjaan atau jabatan yang dipegang selama masa kerja seseorang. Karir menunjukkan perkembangan para karyawan secara individual dalam suatu jenjang atau kepangkatan yang dapat dicapai selama masa kerjanya dalam suatu organisasi.
- Karier merupakan suatu arah umum yang dipilih oleh seseorang untuk mengejar keseluruhan kehidupan kerjanya (Mondy dan Noe, 1996).
KARIR
MEMPUNYAI 3 (TIGA) PENGERTIAN KARIR YANG BERBEDA, YAITU:
- Karir sebagai suatu rangkaian promosi jabatan atau mutasi ke jabatan yang lebih tinggi dalam jenjang hirarki yang dialami oleh seorang tenaga kerja selama masa kerjanya.
- Karir sebagai suatu penunjuk pekerjaan yang memiliki gambaran atau pola pengembangan yang jelas dan sistematis.
- Karir sebagai suatu sejarah kedudukan seseorang, suatu rangkaian pekerjaan atau posisi yang pernah dipegang seseorang selama masa kerjanya. Oleh karena itu, pengertian yang terakhir ini sangat luas dan umum, karena setiap orang pasti mempunyai sejarah pekerjaan yang berarti setiap orang pasti mempunyai karir.
PERENCANAAN
KARIR
a.
suatu
perencanaan tentang kemungkinan-kemungkinan bagi seorang karyawan dan anggota
suatu organisasi sebagai individu untuk meniti proses kenaikan pangkat dan
jabatan sesuai persyaratan jabatan dan kemampuannya.
b.
perencanaan
karier tidak harus dikonsentrasikan hanya pada peluang kenaikan jabatan, jika
memang pada lingkungan kerja saat ini peluang tersebut sangat terbatas.
ALASAN
MENGADAKAN PERENCANAAN KARIR
a.
Perencanaan
karir merupakan fungsi kepegawaian yang relatif baru dan program-program masih
jarang, kecuali dalam organisasi-organisasi yang besar atau maju. Akan tetapi
keterlibatan organisasi dalam perencanaan karir makin bertambah. Banyak calon
pegawai, khususnya calon-calon yang berpendidikan tinggi, menginginkan suatu
karir, bukan “hanya suatu jabatan” saja.
b.
Karakteristik
dan kriteria pengelolaan karier dirancang berdasarkan pengembangan struktur
organisasi sebab jalur karier ditentukan berdasarkan rentang struktur
organisasi yang tersedia dalam organisasi.
c.
Persyaratan
untuk duduk pada posisi tertentu sangat ditentukan oleh kompetensi yang
dimiliki karyawan yang akan menduduki jabatan tersebut. Kompetensi seseorang
sangat menentukan kesuksesannya dalam mencapai karier sampai ke posisi puncak
dalam organisasi.
MENGAPA
PERENCANAAN KARIR PENTING
a.
Kesempatan
untuk melakukan sesuatu yang membuat anda merasa senang.
b.
Kesempatan
untuk mencapai sesuatu yang berharga.
c.
Kesempatan
untuk mempelajari hal-hal baru, dan
d.
Kesempatan
untuk mengembangkan kecakapan dan kemampuan anda.
MANFAAT
PERENCANAAN KARIR
a.
Mengembangkan
para karyawan yang dapat dipromosikan.
b.
Menurunkan
perputaran karyawan.
c.
Mengungkap
potensi karyawan.
d.
Mendorong
pertumbuhan.
e.
Memuaskan
kebutuhan karyawan.
f.
Membantu
pelaksanaan rencana kegiatan yang telah disetujui.
UNSUR-UNSUR
PROGRAM PERENCANAAN KARIR.
a.
Penilaian
individu tentang kemampuan, minat, kebutuhan karir dan tujuan;
b.
Penilaian
organisasi tentang kemampuan dan kesanggupan pegawai;
c.
Komunikasi
informasi mengenai kebebasan memilih dan kesempatan karir pada organisasi; dan
d.
Penyuluhan
karir untuk menentukan tujuan-tujuan realistik dan rencana untuk pencapaiannya.
DALAM KURSUS
PENYULUHAN KARIR, PEGAWAI BERUSAHA MENJAWAB JENIS-JENIS PERTANYAAN :
a.
Kecakapan-kecakapan
apakah yang sudah saya miliki, dan apakah kemungkinan-kemungkinannya untuk
mengembangkan atau untuk mempelajari hal-hal yang baru?
b.
Apakah
sesungguhnya yang saya butuhkan untuk saya sendiri sepanjang mengenai
pekerjaan?
c.
Kemampuan
dan kecakapan saya sekarang yang mana yang dapat saya berikan?
d.
Apakah yang
sesungguhnya diperlukan untuk pekerjaan-pekerjaan/jabatan-jabatan tertentu?
e.
Latihan
apakah yang diperlukan apabila saya memilih mengejar tujuan karir tertentu?
CAREER
a. Career is a condition that indicates
an increase in employment status of a person in an organization in accordance
with a predetermined career path organization.
b. careers are all jobs or positions
held during one's working life. Careers shows the development of the individual
employees in a level or rank that can be achieved during his tenure in an
organization.
c. Career is a general direction that is
chosen by the individual to pursue his entire life (Mondy and Noe, 1996).
CAREER HAVE
THREE (3) DIFFERENT CAREER UNDERSTANDING, NAMELY:
a. Career as a series of promotion or
transfer to a higher position in the hierarchy levels experienced by workers
during their working lives.
b. Career as a pointer, a job that has a
picture or a pattern of clear and systematic development.
c. Career as a history of one's
position, a series of job or a position once held by a person during his
tenure. Therefore, the definition of the latter is very broad and general,
because everyone would have a job history means that each person must have a
career.
CAREER PLANNING
a. a plan about the possibilities for an
employee and a member of an organization as individuals to pursue the process
of promotion and positions corresponding job requirements and capabilities.
b. career planning should not
concentrate only on opportunities for advancement, if indeed in today's work
environment is very limited opportunities.
REASONS
PROMPTS CAREER PLANNING
a. Career planning is a relatively new
staffing functions and programs are still rare, except in large organizations
or advanced. But the organization's involvement in the planning of a career on
the upswing. Many prospective employees, especially candidates who are highly
educated, want a career and not "just a job 'only.
b. Characteristics and career management
criteria designed by the development of an organizational structure because the
career path is determined based on a range of organizational structure
available within the organization.
c. The requirement to sit in a certain
position is largely determined by the competences of the employees who will
occupy the post. Competence someone was critical in achieving career success up
to the top position in the organization.
Why career
planning is important
a. The opportunity to do something that
makes you feel happy.
b. The opportunity to achieve something
worthwhile.
c. Opportunity to learn new things, and
d. The opportunity to develop skills and
abilities.
BENEFITS OF
CAREER PLANNING
a. Develop employees can be promoted.
b. Reduce employee turnover.
c. Uncover potential employees.
d. Encouraging growth.
e. Satisfying the needs of employees.
f.
Assist
in the implementation of the action plan that has been approved.
ELEMENTS OF
CAREER PLANNING PROGRAM.
a. Individual assessment of abilities,
interests, career needs and goals;
b. Assessment of the organization about
the capability and capacity of employees;
c. Communication of information
concerning freedom of choice and career opportunities in the organization; and
d. Career Counseling to determine
realistic goals and plans for achievement.
EXTENSION
COURSES IN CAREER, EMPLOYEES TYPES ARE TRYING TO ANSWER QUESTIONS:
a. Skills-skill if I already have, and
whether the possibilities to develop or to learn new things?
b. What exactly do I need for my own all
of the job?
c. Ability and skills which I now can I
give?
d. What actually needed for the jobs /
positions in particular?
e. Exercise is necessary if I choose
pursue a particular career goals?
No comments:
Post a Comment