sambutlah pagi dengan senyum kedamaian hingga gelap terbaring di pangkuanmu "( greet the morning with a smile of peace until dark was lying in your lap )"

Thursday, March 24, 2016

KARIR / CAREER





KARIR
  1.  karir merupakan suatu kondisi yang menunjukkan adanya peningkatan status kepegawaian seseorang dalam suatu organisasi sesuai dengan jalur karir yang telah ditetapkan organisasi.
  2. karir adalah semua pekerjaan atau jabatan yang dipegang selama masa kerja seseorang. Karir menunjukkan perkembangan para karyawan secara individual dalam suatu jenjang atau kepangkatan yang dapat dicapai selama masa kerjanya dalam suatu organisasi.
  3. Karier merupakan suatu arah umum yang dipilih oleh seseorang untuk mengejar keseluruhan kehidupan kerjanya (Mondy dan Noe, 1996).


KARIR MEMPUNYAI 3 (TIGA) PENGERTIAN KARIR YANG BERBEDA, YAITU:
  1. Karir sebagai suatu rangkaian promosi jabatan atau mutasi ke jabatan yang lebih tinggi dalam jenjang hirarki yang dialami oleh seorang tenaga kerja selama masa kerjanya.
  2. Karir sebagai suatu penunjuk pekerjaan yang memiliki gambaran atau pola pengembangan yang jelas dan sistematis.
  3. Karir sebagai suatu sejarah kedudukan seseorang, suatu rangkaian pekerjaan atau posisi yang pernah dipegang seseorang selama masa kerjanya. Oleh karena itu, pengertian yang terakhir ini sangat luas dan umum, karena setiap orang pasti mempunyai sejarah pekerjaan yang berarti setiap orang pasti mempunyai karir.


PERENCANAAN KARIR
a.      suatu perencanaan tentang kemungkinan-kemungkinan bagi seorang karyawan dan anggota suatu organisasi sebagai individu untuk meniti proses kenaikan pangkat dan jabatan sesuai persyaratan jabatan dan kemampuannya.
b.      perencanaan karier tidak harus dikonsentrasikan hanya pada peluang kenaikan jabatan, jika memang pada lingkungan kerja saat ini peluang tersebut sangat terbatas.

ALASAN MENGADAKAN PERENCANAAN KARIR
a.      Perencanaan karir merupakan fungsi kepegawaian yang relatif baru dan program-program masih jarang, kecuali dalam organisasi-organisasi yang besar atau maju. Akan tetapi keterlibatan organisasi dalam perencanaan karir makin bertambah. Banyak calon pegawai, khususnya calon-calon yang berpendidikan tinggi, menginginkan suatu karir, bukan “hanya suatu jabatan” saja.
b.      Karakteristik dan kriteria pengelolaan karier dirancang berdasarkan pengembangan struktur organisasi sebab jalur karier ditentukan berdasarkan rentang struktur organisasi yang tersedia dalam organisasi.
c.       Persyaratan untuk duduk pada posisi tertentu sangat ditentukan oleh kompetensi yang dimiliki karyawan yang akan menduduki jabatan tersebut. Kompetensi seseorang sangat menentukan kesuksesannya dalam mencapai karier sampai ke posisi puncak dalam organisasi.
MENGAPA PERENCANAAN KARIR PENTING
a.      Kesempatan untuk melakukan sesuatu yang membuat anda merasa senang.
b.      Kesempatan untuk mencapai sesuatu yang berharga.
c.       Kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru, dan
d.      Kesempatan untuk mengembangkan kecakapan dan kemampuan anda.

MANFAAT PERENCANAAN KARIR
a.      Mengembangkan para karyawan yang dapat dipromosikan.
b.      Menurunkan perputaran karyawan.
c.       Mengungkap potensi karyawan.
d.      Mendorong pertumbuhan.
e.      Memuaskan kebutuhan karyawan.
f.        Membantu pelaksanaan rencana kegiatan yang telah disetujui.

UNSUR-UNSUR PROGRAM PERENCANAAN KARIR.
a.      Penilaian individu tentang kemampuan, minat, kebutuhan karir dan tujuan;
b.      Penilaian organisasi tentang kemampuan dan kesanggupan pegawai;
c.       Komunikasi informasi mengenai kebebasan memilih dan kesempatan karir pada organisasi; dan
d.      Penyuluhan karir untuk menentukan tujuan-tujuan realistik dan rencana untuk pencapaiannya.

DALAM KURSUS PENYULUHAN KARIR, PEGAWAI BERUSAHA MENJAWAB JENIS-JENIS PERTANYAAN :
a.      Kecakapan-kecakapan apakah yang sudah saya miliki, dan apakah kemungkinan-kemungkinannya untuk mengembangkan atau untuk mempelajari hal-hal yang baru?
b.      Apakah sesungguhnya yang saya butuhkan untuk saya sendiri sepanjang mengenai pekerjaan?
c.       Kemampuan dan kecakapan saya sekarang yang mana yang dapat saya berikan?
d.      Apakah yang sesungguhnya diperlukan untuk pekerjaan-pekerjaan/jabatan-jabatan tertentu?
e.      Latihan apakah yang diperlukan apabila saya memilih mengejar tujuan karir tertentu?





CAREER
a.      Career is a condition that indicates an increase in employment status of a person in an organization in accordance with a predetermined career path organization.
b.      careers are all jobs or positions held during one's working life. Careers shows the development of the individual employees in a level or rank that can be achieved during his tenure in an organization.
c.       Career is a general direction that is chosen by the individual to pursue his entire life (Mondy and Noe, 1996).

CAREER HAVE THREE (3) DIFFERENT CAREER UNDERSTANDING, NAMELY:
a.      Career as a series of promotion or transfer to a higher position in the hierarchy levels experienced by workers during their working lives.
b.      Career as a pointer, a job that has a picture or a pattern of clear and systematic development.
c.       Career as a history of one's position, a series of job or a position once held by a person during his tenure. Therefore, the definition of the latter is very broad and general, because everyone would have a job history means that each person must have a career.

CAREER PLANNING
a.      a plan about the possibilities for an employee and a member of an organization as individuals to pursue the process of promotion and positions corresponding job requirements and capabilities.
b.      career planning should not concentrate only on opportunities for advancement, if indeed in today's work environment is very limited opportunities.

REASONS PROMPTS CAREER PLANNING
a.      Career planning is a relatively new staffing functions and programs are still rare, except in large organizations or advanced. But the organization's involvement in the planning of a career on the upswing. Many prospective employees, especially candidates who are highly educated, want a career and not "just a job 'only.
b.      Characteristics and career management criteria designed by the development of an organizational structure because the career path is determined based on a range of organizational structure available within the organization.
c.       The requirement to sit in a certain position is largely determined by the competences of the employees who will occupy the post. Competence someone was critical in achieving career success up to the top position in the organization.

Why career planning is important
a.      The opportunity to do something that makes you feel happy.
b.      The opportunity to achieve something worthwhile.
c.       Opportunity to learn new things, and
d.      The opportunity to develop skills and abilities.

BENEFITS OF CAREER PLANNING
a.      Develop employees can be promoted.
b.      Reduce employee turnover.
c.       Uncover potential employees.
d.      Encouraging growth.
e.      Satisfying the needs of employees.
f.        Assist in the implementation of the action plan that has been approved.

ELEMENTS OF CAREER PLANNING PROGRAM.
a.      Individual assessment of abilities, interests, career needs and goals;
b.      Assessment of the organization about the capability and capacity of employees;
c.       Communication of information concerning freedom of choice and career opportunities in the organization; and
d.      Career Counseling to determine realistic goals and plans for achievement.

EXTENSION COURSES IN CAREER, EMPLOYEES TYPES ARE TRYING TO ANSWER QUESTIONS:
a.      Skills-skill if I already have, and whether the possibilities to develop or to learn new things?
b.      What exactly do I need for my own all of the job?
c.       Ability and skills which I now can I give?
d.      What actually needed for the jobs / positions in particular?

e.      Exercise is necessary if I choose pursue a particular career goals?

No comments:

Post a Comment