11. PENGERTIAN PASAR ( MARKET )
Pasar adalah suatu tempat atau proses interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari suatu barang/jasa tertentu, sehingga akhirnya dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan
Menurut Atep Adya Barata, pasar adalah suatu tempat atau daerah di mana para calon pembeli dan calon penjual secara langsung atau tidak langsung dari berbagai tingkatan saling berhubungan untuk melaksanakan pertukaran, baik berupa barang atau jasa. .
Menurut Dr. Winardi, S.E. pasar dapat diartikan sebagai berikut:
a. Pasar adalah tempat di mana pembeli dan penjual barang tertentu berhubungan satu sama lain dan di mana terjadi hubungan tukar menukar.
b. Pasar adalah daerah perniagaan.
c. Pasar adalah sekelompok pernbeli tertentu.
d. Pasar adalah pembeli serta penjual barang tertentu.
e. Pasar adalah suatu daerah di mana secara ideal harga-harga pada waktu tertentu adalah sama untuk semua pembeli dan penjual.
Pengertian Pasar. Pasar adalah tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi jual beli barang atau jasa.
22. PERBAEDAAN PERUSAHAAN DENGAN INDUSTRI
a. Industry
Industri adalah bidang matapencaharian yang menggunakan ketrampilan dan ketekunan kerja dan penggunaan alat-alat di bidang pengolahan hasil-hasil bumi dan distribusinya sebagai dasarnya
b. Perusahaan
Perusahaan adalah tempat terjadinya kegiatan produksi dan berkumpulnya semua faktor produksi
33. FUNGSI PASAR
a. Pasar sebagai suatu mekanisme yang berlangsung antara konsumen dengan produsen memiliki fungsi sebagai penentu nilai, organisasi produksi, dan distribusi produk.
b. Pasar sebagai penentu nilai, dapat dilihat dari penentuan harga-harga atas barang dan jasa yang diperdagangkan di pasar.
c. Pasar sebagai organisasi produksi, di mana barang dan jasa yang ada di pasar harus melalui proses produksi sampai menjadi barang dan jasa yang siap diperdagangkan. Proses produksi yang dipilih dan digunakan harus merupakan proses produksi yang paling efisien agar barang dan jasa yang dihasilkan dapat bersaing dengan barang dan jasa hasil produksi produsen lain dan memperoleh laba yang diinginkan.
d. Pasar sebagai distribusi produk, di mana barang dan jasa sebagai hasil dari proses produksi dapat diperoleh konsumen di pasar. Konsumen dapat menemukan dan memperoleh barang dan jasa yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhannya di pasar.
44. STRUKTUR PASAR
a. Struktur pasar adalah keadaan yang dianggap penting yang harus ada di pasar. Adapun unsur-unsur tersebut meliputi jumlah perusahaan (produsen), keseragaman produk antarperusahaan, kemudahan keluar masuk pasar, dan bentuk persaingan
b. Struktur pasar adalah karakteristik organisasi pasar yang mempengaruhi sifat kompetisi dan harga di dalam pasar
55. CIRI ATAU KARAKTERISTIK STRUKTUR PASAR
· Adanya jumlah suatu perusahaan (produsen),
· Adanya keseragaman produk antar perusahaan,
· Adanya kemudahan keluar masuk pasar,
· Adanya persaingan
66. BENTUK BENTUK STRUKTUR PASAR
a. Pasar Persaingan Sempurna
Jenis pasar persaingan sempurna terjadi ketika jumlah produsen sangat banyak sekali dengan memproduksi produk yang sejenis dan mirip dengan jumlah konsumen yang banyak. Contoh produknya adalah seperti beras, gandum, batubara, kentang, dan lain-lain.
b. Pasar Monopolistik
Struktur pasar monopolistik terjadi manakala jumlah produsen atau penjual banyak dengan produk yang serupa/sejenis, namun di mana konsumen produk tersebut berbeda-beda antara produsen yang satu dengan yang lain. Contoh produknya adalah seperti makanan ringan (snack), nasi goreng, pulpen, buku, dan sebagainya.
c. Pasar Oligopoli
Pasar oligopoli adalah suatu bentuk persaingan pasar yang didominasi oleh beberapa produsen atau penjual dalam satu wilayah area. Contoh industri yang termasuk oligopoli adalah industri semen di Indonesia, industri mobil di Amerika Serikat, dan sebagainya.
d. Pasar Monopoli
Pasar monopoli akan terjadi jika di dalam pasar konsumen hanya terdiri dari satu produsen atau penjual. Contohnya seperti microsoft windows, perusahaan listrik negara (pln), perusahaan kereta api (perumka), dan lain sebagainya.
Tambahan :
a. Monopsoni adalah kebalikan dari monopoli, yaitu di mana hanya terdapat satu pembeli saja yang membeli produk yang dihasilkan.
b. Monopoli adalah sesuatu yang dilarang di Republik Indonesia yang diperkuat dengan undang-undang anti monopoli.
77. CIRI,KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
Sifat-sifat pasar persaingan sempurna :
a. Jumlah penjual dan pembeli banyak
b. Barang yang dijual sejenis, serupa dan mirip satu sama lain
c. Penjual bersifat pengambil harga (price taker)
d. Harga ditentukan mekanisme pasar permintaan dan penawaran (demand and supply)
e. Posisi tawar konsumen kuat
f. Sulit memperoleh keuntungan di atas rata-rata
g. Sensitif terhadap perubahan harga
h. Mudah untuk masuk dan keluar dari pasar
Pasar persaingan sempurna memiliki bebarapa kebaikan antara lain :
a. Persaingan sempurna memaksimumkan efisiensi
b. Kebebasan bertindak dan memilih
Beberapa kelemahan / keburukan persaingan sempurna yaitu :
a. Persaingan sempurna tidak mendorong inovasi
b. Persaingan sempurna adakalanya menimbulkan biaya sosial
c. Membatasi pilihan konsumen
d. Biaya produksi dalam persaingan sempurna mungkin lebih tinggi
e. Distribusi pendapatan tidak selalu merata
88. CIRI,KELEBIHAN DAN KELEMAHAN PASAR MONOPOLI
Sifat-sifat pasar monopoli :
§ Hanya terdapat satu penjual atau produsen
§ Harga dan jumlah kuantitas produk yang ditawarkan dikuasai oleh perusahaan monopoli
§ Umumnya monopoli dijalankan oleh pemerintah untuk kepentingan hajat hidup orang banyak
§ Sangat sulit untuk masuk ke pasar karena peraturan undang-undang maupun butuh sumber daya yang sulit didapat
§ Hanya ada satu jenis produk tanpa adanya alternatif pilihan
§ Tidak butuh strategi dan promosi untuk sukses
Kebaikannya:
§ Memiliki keuntungan lebih
§ Dpt menurunkan biaya produksi
§ Lebih efisien
§ Harganya lebih bersiang
Keburukannya:
§ Menciptakan ketidakadilan
§ Adanya unsur eksploitas faktor2 terhadap produksi
§ Boros dlm sumber daya ekonomi
99. CIRI,KELEBIHAN DAN KELEMAHAN PASAR OLIGOPOLI
Ciri-ciri pasar oligopoly
· Terdapat banyak penjual/ produsen ya ng menguasai pasar.
· Barang yang dijual dapat berupa brang homogen atau berbeda corak.
· Terdapat halangan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk kedalam pasar.
· Satu diantara para oligopolis merupakan market leader yaitu penjual yang mempunyai pangsa pasar terbesar.
· Harga produk yang dijual relatif sama
· Pembedaan produk yang unggul merupakan kunci sukses
· Sulit masuk ke pasar karena butuh sumber daya yang besar
· Perubahan harga akan diikuti perusahaan lain
Pasar oligopoli memiliki KELEBIHAN sebagai berikut :
§ Adanya efisiensi dalam menjalankan kegiatan produksi
§ Persaingan di antara perusahaan akan memberikan keuntungan bagi konsumen dalam hal harga dan kualitas barang.
Pasar oligopoli juga memiliki KELEMAHAN, yaitu :
§ Dibutuhkan investasi dan modal yang besar untuk memasuki pasar, karena adanya skala ekonomis yang telah diciptakan perusahaan sehingga sulit bagi pesaing baru untuk masuk ke dalam pasar.
§ Apabila terdapat perusahaan yang memiliki hak paten atas sebuah produk, maka tidak memungkinkan bagi perusahaan lain untuk memproduksi barang sejenis.
§ Perusahaan yang telah memiliki pelanggan setia akan menyulitkan perusahaan lain untuk menyainginya
110. CIRI,KELEBIHAN DAN KELEMAHAN PASAR MONOPOLISTIK
Sifat-sifat pasar monopolistik :
· Untuk unggul diperlukan keunggulan bersaing yang berbeda
· Mirip dengan pasar persaingan sempurna
· Brand yang menjadi ciri khas produk berbeda-beda
· Produsen atau penjual hanya memiliki sedikit kekuatan merubah harga
· Produk Yang Terdiferensiasi (Differentiated Product)
· Jumlah Produsen Banyak Dalam Industri (Large Number of Firms)
· Bebas Masuk dan Keluar (Free Entry and Exit)
· Terdapat banyak produsen atau penjual.
· Produsen Dapat mempengaruhi harga. Berbeda dengan Pasar Persaingan Sempurna, dimana harga terbentuk berdasarkan mekanisme pasar, maka pasar monopolistik dapat mempengaruhi harga meskipun tidak sebesar pasar oligopoli dan monopoli.
· Produsen dapat keluar masuk pasar. Hal ini dipengaruhi oleh laba ekonomis, saat produsen hanya sedikit di pasar maka laba ekonomisnya cukup tinggi. Ketika produsen semakin banyak dan laba ekonomis semakin kecil, maka pasar menjadi tidak menarik dan produsen dapat meninggalkan pasar.
· Promosi penjualan harus aktif. Pada pasar ini harga bukan merupakan pendongkrak jumlah konsumen, melainkan kemampuan perusahaan menciptakan citra baik dimata konsumen, sehingga dapat menimbulkan fanatisme terhadap produk. Karenanya, iklan dan promosi memiliki peran penting dalam merebut dan mempertahankan konsumen.
Pasar Monopolistik memiliki kebaikan sebagai berikut :
§ Banyaknya produsen di pasar memberikan keuntungan bagi konsumen untuk dapat memilih produk yang terbaik baginya.
§ Kebebasan keluar masuk bagi produsen, mendorong produsen untuk selalu melakukan inovasi dalam menghasilkan produknya.
§ Diferensiasi produk mendorong konsumen untuk selektif dalam menentukan produk yang akan dibelinya, dan dapat membuat konsumen loyal terhadap produk yang dipilihnya.
§ Pasar ini relatif mudah dijumpai oleh konsumen, karena sebagian besar kebutuhan sehari-hari tersedia dalam pasar monopolistik.
Pasar Monopolistik juga memiliki kelemahan sebagai berikut :
· Pasar monopolistik memiliki tingkat persaingan yang tinggi, baik dari segi harga, kualitas maupun pelayanan. Sehingga produsen yang tidak memiliki modal dan pengalaman yang cukup akan cepat keluar dari pasar.
· Dibutuhkan modal yang cukup besar untuk masuk ke dalam pasar monopolistik, karena pemain pasar di dalamnya memiliki skala ekonomis yang cukup tinggi.
· Pasar ini mendorong produsen untuk selalu berinovasi, sehingga akan meningkatkan biaya produksi yang akan berimbas pada harga produk yang harus dibayar oleh konsumen
111. PENYEBAB TIMBULNYA MONOPOLI POWER
Fakto-Faktor Yang Menyebabkan Kekuatan Monopoli.
· Perusahaan mempunyai sumberdaya yang unik dan tidak dimiliki oleh perusahaan lain. Contoh : suara emas dari seorang penyanyi.
· Karena terdapat skala ekonomis dalam kegiatan yang dilakukan monopoli, tetapi luas pasarnya terbatas, sehingga satu perusahaan saja sudah cukup/mampu untuk memenuhi permintaan pasar. Sehingga kalau ada perusahaan baru yang ingin masuk kedalam pasar tersebut akan mengalami kesulitan dalam menjual barangnya. Pemerintah melalui Undang-undang memberikan hak monopoli kepada perusahaan tertentu.
Pembentukan monopoli
· Ketika sebuah perusahaan memiliki kepemilikan eksklusif atau penggunaan sumber daya yang langka, seperti British Telecom yang memiliki kabel telepon berjalan ke sebagian besar rumah dan bisnis Inggris.
· Ketika pemerintah memberikan status monopoli perusahaan, seperti Kantor Pos .
· Ketika perusahaan memiliki hak paten atau hak cipta memberi mereka hak eksklusif untuk menjual produk atau melindungi kekayaan intelektual mereka, seperti Microsoft Windows nama merek dan software isi dilindungi dari penggunaan yang tidak sah.
· Ketika perusahaan menggabungkan untuk memberi mereka posisi dominan di pasar.
112. ISTILAH – ISTILAH
1. Firm /Perusahaan
Suatu organisasi dimana sumber daya (input) dasar seperti bahan dan tenaga kerja dikelola serta diproses untuk menghasilkan barang atau jasa (output) kepada pelanggan
2. Price Taker
Price taker atau Pengambil harga artinya suatu perusahaan yang ada di dalam pasar tidak dapat menentukan atau mengubah harga pasar. Apa pun tindakan perusahaan di dalam pasar tidak akan menimbulkan perubahan ke atas harga pasar yang berlaku. Harga pasar ditentukan oleh interaksi antara keseluruhan pembeli dan keseluruhan penjual.
3. Price Maker
Penentu harga (price maker) adalah seorang penjual (monopolis). Monopolis dapat menaikan / mengurangi harga dengan cara menentukan jumlah barang yang akan diproduksi. Semakin sedikit barang yang diproduksi, semakin mahal barang tersebut, begitu juga sebaliknya. Akantetapi, penjual juga memiliki keterbatasan dalam penetapan harga.
4. Franchise
· Pengertian waralaba atau franchising adalah hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan.
· menurut versi pemerintah Indonesia, yang dimaksud dengan waralaba adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual atau pertemuan dari cirri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam
rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.
rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.
· Menurut Asosiasi Franchise Indonesia, yang dimaksud dengan
waralaba ialah: Suatu system pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir, dimana pemilik mereka (franchisor) memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, system, prosedur, dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.
waralaba ialah: Suatu system pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir, dimana pemilik mereka (franchisor) memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, system, prosedur, dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.
· Menurut International Franchise Association (IFA) franchise adalah sebagai
hubungan kontraktual antara franchisor dengan franchise, dimana franchisor berkewajiban menjaga kepentingan secara kontinyu pada bidang usaha yang dijalankan oleh franchisee
hubungan kontraktual antara franchisor dengan franchise, dimana franchisor berkewajiban menjaga kepentingan secara kontinyu pada bidang usaha yang dijalankan oleh franchisee
5. Lisensi
Lisensi adalah izin yang diberikan oleh Pemegang Paten kepada pihak lain berdasarkan perjanjian pemberian hak untuk menikmati manfaat ekonomi dari suatu Paten yang diberikan perlindungan dalam jangka waktu dan syarat tertentu.
6. Loyal Buyers
komitmen pelanggan terhadap suatu merek, toko atau pemasok berdasarkan sifat yang sangat positif dalam pembelian jangka panjang
7. Non Loyal Buyers
Bembelian dari pelanggan terhadap suatu merek, toko atau pemasok berdasarkan kebutuhan/ keinginan tanpa didasari sifat yang sangat positif dalam pembelian jangka panjang
8. Non Buyers
Sikap atau tindakan konsumen tanpa ada pembelian terhadap suatu produk yang sedang dijual belikan dari suatu perusahaan / produsen.
SUMBER:
http://organisasi.org/bentuk_bentuk_struktur_pasar_konsumen_persaingan_sempurna_monopolistik_oligopoli_dan_monopoli
http://www.zunal.com/zunal_uploads/files/20100512092310enama.pdf
http://www.e-dukasi.net/mapok/mp_files/mp_312/karakteristik.html
http://www.zakapedia.com/2013/04/pengertian-fungsi-dan-struktur-pasar.html#_
http://belindaayu18411653.blogspot.com/2011/11/pengantar-ekonomi-dan-manajemen-1.html
http://khairul-anas.blogspot.co.uk/2012/03/ciri-ciri-pasar-oligopoli.html
Rahardja, Manurung. Pengantar Ilmu Ekonomi (Micro ekonomi dan macro ekonomi) edisi revisi. Jakarta : FEUI
Djojodipuro, Marsudi. 1994. Pengantar Ekonomi untuk Perencanaan. Jakarta: UI-Press.
No comments:
Post a Comment