MARKETING MIX / BAURAN PEMASARAN
7P
Bauran pemasaran / marketing
mix sangat penting dalam membangun produk tak terkecuali perusahaan jasa. Dalam
komunikasi pemasaran diperlukan suatu pendekatan yang mudah dan fleksibel yang
terdapat pada bauran pemasaran (marketing mix)
Bauran pemasaran adalah
strategi produk, promosi, dan penentuan harga yang bersifat unik serta
dirancang untuk menghasilkan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pasar
yang dituju. Namun kini hal tersebut semakin berkembang tidak hanya dalam hal
product, price, place dan promotion. Namun juga mengenai people, process, dan
physical evidence. Saya kurang paham siapa yang duluan menegemukakan konsep 7P
ni, tapi yang jelas, sangat berguna bagi penerapan konsep ini dalam komunikasi pemasaran.
1. PRICE
harga adalah elemen penting yang menempel pada
sebuah produk. harga menjadi kunci utama bagi konsumen untuk membeli barang,
khususnya konsumen kelas menengah kebawah. dalam pemasaran, penentuan harga
bisa menjadi kekuatan untuk bersaing didalam pasar
2. PLACE
lokasi disini bisa dikaitkan dengan akses
tempat maupun distribusi produk. lokasi menjadi penting perannya dalam
pemasaran karena terkait dengan after-sales satisfaction maupun before-sales
satisfaction pelanggan
3. PROMOTION
promosi sudah jelas menjadi alat utama dalam
pemasaran sebuah produk. promosi ini juga yang kemudian banyak menggerus
keuangan perusahaan demi memperkenalkan produknya ke pasar. promosi dapat
berupa iklan di media cetak maupun elektronik, brosur, baliho, dan sponsorship.
4. PRODUCT
produk yang dimaksud disini terkait dengan
kualitasnya. produk berkualitas yang ditawarkan dengan harga terjangkau jelas
akan menjadi sasaran pasar. brand produk juga menjadi penting karena ada
beberapa segmen di pasar yang menjadikan brand sebagai alasan utama memilih
produk.
5. PROCESS
proses ini sebenarnya adalah salah satu elemen inti yang ada di 9 core elements of marketing, namun melihat korelasi yang penting maka elemen ini ditarik masuk menjadi salah satu bagian dalam marketing mix. beberapa indikator proses yang diperlukan adalah prosedur, kebijakan, mekanisasi, arah aktivitas, dsb.
proses ini sebenarnya adalah salah satu elemen inti yang ada di 9 core elements of marketing, namun melihat korelasi yang penting maka elemen ini ditarik masuk menjadi salah satu bagian dalam marketing mix. beberapa indikator proses yang diperlukan adalah prosedur, kebijakan, mekanisasi, arah aktivitas, dsb.
6. PEOPLE/PARTICIPANTS
yang dimaksud pada elemen people disini antara
lain komitmen, insentif, penampilan, prilaku, dan kebiasaan. apapun yang
menempel pada pelanggan maupun karyawan perusahaan.
7. PHYSICAL EVIDENCE
beberapa indikator utamanya yaitu lingkungan,
warna, tata letak, dan fasilitas tambahan. ini terkait dengan tampilan sebuah
produk/jasa yang ditawarkan. terkait dengan packaging yang disajikan untuk menarikan
minat konsumen.
SEMOGA BERMANFAAT,,,,
No comments:
Post a Comment