sambutlah pagi dengan senyum kedamaian hingga gelap terbaring di pangkuanmu "( greet the morning with a smile of peace until dark was lying in your lap )"

Monday, November 27, 2017

RENCANA STRATEGI BISNIS

1.      Perencanaan Strategic Bisnis
Setelah meneliti tugas perencanaan strategic dari manajemen perusahaan, kita dapat membahas tugas perencanaan strategic dari setiap manajer unit bisnis.
2.     Misi Bisnis
Setiap unit bisnis perlu mengidentifikasi misi spesifiknya di dalam misi perusahaan yang lebih luas.
3.     Analisis Lingkungan Eksternal (Analisis Peluang Dan Ancaman)
Manajer bisnis kini mengetahui bagian-bagian lingkungan yang harus dipantau apabila bisnisnya ingin mewujudkan tujuannya .Umumnya, unit bisnis baru memantau kekuatan lingkungan makro (demografis/ekonomi,teknologi,politik/hokum,dan social/budaya) dan pelaku lingkungan mikro yang utama (pelanggan, pesaing,saluran distribusi, pemasok) yang mempengaruhi kemampuannya untuk memperoleh laba dipasar. Peluang tujuan utama penilaian lingkungan adalah mengamati peluang-peluang baru, peluang pemasran di definisikan sebagai berikut yaitu peluang pemasaran adalah suatu bidang kebutuhan dimana perusahaan dapat memenuhinya secara menguntungkan. Peluang dapat dicatat dan dipilih menurut daya tariknya, kemungkinan berhasilnya. Perusahaan yang berkinerja paling baik adalah perusahaan yang dapat menciptakanb nilai pelanggan tertinggi dan mempertahankannya dalam jangka panjang.
4.    Formulasi Strategi
Tujuan menunjukkan apa yang ingin dicapai unit bisnis,strategi menunjukkan bagaimana cara mencapainya.Setiap bisnis harus menetapkan strategi mencapai tujuannya,walaupun banyak jenis strategi, Michael porter telah merangkumnya menjadi tiga tipe generic yang memberikan titik awal bagi pemikiran strategic:
a.      Keunggulan biaya keseluruhan
Disini bisnis berusaha keras mencapai biaya produksi dan distribusi terendah,sehingga harganya lebih rendah daripada pesaingnya dan mendapatkan pangsa pasar yang besar
b.     Diferensiasi
Disini bisnis berkonsentrasi pada upaya mencapai kinerja superior dalam bidang manfaat pelanggan yang diinginkan sebagian besar pasar
c.      Focus
Disini bisnis memfokuskan diri pada satu atau lebih segmen pasar yang sempit,dan tidak mengejar pasar yang luas.Perusahaan mengidentifikasi kebutuhan segmen ini dan mengejar keunggulan biaya atau diferensiasi dalam segmen sasaraan tersebut.
Ancaman sebagian perkembangan dalam lingkungan eksternal merupakan ancaman,kami mendefinisikan ancaman lingkungan sebagai berikut yaitu ancaman lingkungan adalah tantangan akibat kecenderungan atau perkembangan yang tidak menguntungkan yang akann mengurangi penjualan atau laba bila tidak dilakukan tindakan pemasaran defensive.
5.     Analisis Lingkungan Internal (Analisis Kekuatan/Kelemahan)
Selain mengetahui peluang yang menarik  di lingkungan,perlu juga memiliki kompetensi yang dibutuhkan untuk sukses dalam peluang itu. Hal ini dapat dilakukan, misalnya dengan formulir.
6.     Formulasi Tujuan
Sedikit sekali bisnis yang hanya memiliki satu sasaran,kebanyakan unit bisnis memiliki bauran sasaran termasuk profitabilitas, pertumbuhan penjualan, peningkatan pangsa pasar,pembatasan resiko, daya inovasi, reputasi dan lain-lain. Misi unit bisnis ini adalah menyediakan pelayanan yang baik bagi setiap pelanggan, sasaran utamanya saat ini adalah meningkatkan pengembalian investasi (return of investment).Sasaran ini merupakan  hubungan yang bersifat tradeoff. Beberapa tradeoff yang penting di antaranya :
a.       Margin laba tinggi dengan pangsa pasar tinggi
b.      Penetrasi pasar yang ada dengan mengembangkan pasar baru
c.       Tujuan laba dengan tujuan nirlaba
d.      Pertumbuhan tinggi dengan resiko yang rendah
Jadi perusahaan yang unggul adalah perusahaan yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan secara ekonomis, mudah dan dengan komuniikasi yang efektif.
7.     Mengorganisasi,Melaksanakan Dan Mengawasi Usaha Pemasaran
Langkah terakhir dalam proses pemasaran adalah mengorganisasi sumber daya pemasaran dan melakukan serta mengawasi rencana pemasaran. Orgaisasi pemasaran biasanya dipiimpin oleh seorang direktur pemasran yang melakukan dua tugas.Tugas pertama adalaha mengorganisasi pekerjaan semua staf pemasaran. Direktur pemasaran harus bekerja sama juga dengan direktur lainnya. Jadi kalau bagian pemasaran mengiklankan mesin tik elektroniknya sebagai produk bermutu tinggi, mereka tidak akan dapat memenuhi janjinya bila bagian tidak merancang produk bermutu tinggi atau bagian produksi tidak memproduksinya dengan teliti. efektivitas bagian pemasaran tergantung juga dari personalianya, pelatihannya, bimbingannya, motivasinya dan penilaiannya.Manajer harus bertemu dengan bawahannya secara teratur untuk mengkaji untuk kerja mereka, memuji keberhasilannya, menunjukkan kekurangannya dan menyarankan langkah perbaikan.




BUSINESS STRATEGY PLAN



1. Business Strategic Planning
After researching the strategic planning task of corporate management, we can discuss the strategic planning tasks of each business unit manager.

2. Business Mission
Each business unit needs to identify its specific mission within the company's broader mission.

3. External Environmental Analysis (Opportunity Analysis And Threat)
Business managers now know the parts of the environment that must be monitored if the business wants to realize its goals. Generally, the new business unit monitors the macro environment (demographic / economic, technological, political / legal and social / cultural) and major microcenter , competitors, distribution channels, suppliers) that affect their ability to earn market profits. The main objective of environmental assessment is to observe new opportunities, the opportunity to be defined as follows: the marketing opportunity is a field of need whereby the company can fulfill it profitably. Opportunities can be recorded and selected according to their attractiveness, the likelihood of success. The best performing company is the company that can create the highest customer value and keep it in the long run.

4. Strategy Formulation
The goal is to show what the business unit is trying to achieve, the strategy shows how to achieve it. Every business must set its strategy to achieve its goals, although many types of strategies, Michael porter has summarized them into three generic types that provide a starting point for strategic thinking:
a. Overall cost advantage
Here the business strives to achieve the lowest cost of production and distribution, so that its price is lower than its competitors and get a large market share
b. Differentiation
Here the business concentrates on achieving superior performance in the area of ​​customer benefits that most markets want
c. Focus
Here the business focuses on one or more narrow market segments, and does not pursue a broad market. Companies identify the needs of this segment and pursue cost advantage or differentiation within the segment.
A partial threat to development in the external environment is a threat, we define environmental threats as follows: environmental threats are challenges due to unfavorable trends or developments that will reduce sales or profits if no defensive marketing action takes place.

5. Internal Environmental Analysis (Strength / Weakness Analysis)
In addition to knowing the exciting opportunities in the environment, it also needs to have the competencies needed to succeed in that opportunity. This can be done, for example by a form.

6. Formulation of Objectives
Very few businesses have only one target, most business units have a mix of targets including profitability, sales growth, market share increase, risk limits, innovation, reputation and so on. The mission of this business unit is to provide good service to every customer, the main objective now is to increase the return on investment (return of investment) .This target is a tradeoff relationship. Some important tradeoffs include:
a. High profit margins with high market share
b. Penetrate existing markets by developing new markets
c. Purpose of profit with nonprofit goals
d. High growth with low risk
So a superior company is a company that can meet the needs of customers economically, easily and with effective communication.

7. Organizing, Implementing and Overseeing Marketing Efforts
The final step in the marketing process is to organize marketing resources and to conduct and oversee marketing plans. A marketing orga- nization is usually headed by a second-in-one executive director. The first task is to organize the work of all marketing staff. The marketing director should cooperate with the other directors. So if the marketing section advertises its electronic typewriter as a high-quality product, they will not be able to fulfill their promise if the part does not design a high quality product or production part does not produce it thoroughly. the effectiveness of the marketing department depends also on its personality, its training, its guidance, its motivation and its judgment. Managers should meet with their subordinates regularly to review for their work, praise its success, point out its shortcomings and suggest improvement measures.

No comments:

Post a Comment