1. Ringkasan
Eksekutif
Dokumen
perencanaan harus dimulai dengan
ringkasan singkat dari sasaran utama dan rekomendasi rencana itu, dengan ringkasan
eksekutif manajemen puncak dapat cepat memahami arah utama rencana itu, ringkasan eksekutif
sebaiknya diikuti oleh daftar isi.
2. Situasi
Pemasaran Saat Ini
Situasi
pasar di sini memberikan data tentang pasar sasaran,misalnya ukuran pasar dan
pertumbuhan pasar selama beberapa tahun terakhir,baik secara keseluruhan maupun
menurut segmen pasar dan geografis.situasi produk disini ditunjukkan
penjualan,harga, margin, kontrubusi dan laba
bersih dari setiap produk dalam seri yang ada beberapa tahun terakhir.Situasi
pesaing di sini di jelaskan pesaing utama beserta ukuran,sasaran,pangsa
pasar,mutu produk,strategi pemasaran dan sifat-sifat lain mereka yang perlu
untuk memahami keinginan dan tindakan mereka.Situasi distribusi bagian ini
meninjukkan data tentang ukuran dan pentingnya setiap saluran distribusi.
Siutasi
lingkungan makro bagian ini menjelaskan kecenderungan llingkungan makro
demografi,ekonomi,teknologi,politik,hokum,social,budaya yang mempengaruhi masa
depan seri produk ini.
3. Analisais
Peluang Dan Masalah
Analisis
peluang/ancaman,di sini manajer produk menjelaskan peluang dan ancaman yang dihadapi
bisnis. Analisis
kekuatan/kelemahan,manajer produk perlu menjelaskan kekuatan dan kelemahan
produk. Analisis
masalah,dalam hal ini perusahaan menggunakan hal-hal yang sudah dibicarakan
untuk menentukan masalah utama yang dihadapi rencana ini.
4. Sasaran
Sekarang
manajer produk harus memutuskan sasaran rencana ini,ada dua sasaran yang harus
di putuskan yaitu sasaran keuangan dan sasaran pemasaran.
5. Strategi
Pemasaran
Manajer
produk sekarang menjelaskan strategi pemasaran atau garis besar rencana, strategi ini dapat dibuat
dalam bentuk daftar:
a. Pasar
sasaran
b. Penentuan
posisi
c. Seri
produk
d. Harga
e. Saluran
distribusi
f. Wiraniaga
g. Pelayanan
h. Iklan
i.
Promosi penjualan
j.
Penelitian dan
pengembangan
k. Penelitian
pemasaran
6. Program
Kerja
Strategi
adalah garis besar tindakan untuk mencapai sasaran bisnis.Setiap elemen
strategi pemasaran harus dijabarkan untuk mengetahui apa yang akan dilakukan, siapa yang melakukan, kapan dilakukan, berapa biayanya?
7. Proyeksi
Laba Rugi
Dengan
rencana kerja,manajer produk dapat membuat anggaran pendukungnya. Di sisi
penghasilan,anggaran menunjukkan perkiraan jumlah penjualan dalam unit dan
harga rata-ratanya. Disisi
pengeluaran ,anggaran
menunjukkan biaya produksi, distribusi
dan pemasaran yang terbagi dalam kelompok lebih kecil,s elisihnya adalah proyeksi
laba.
8. Pengawasan
Bagian
terakhir dari rencana menunjukkan pengawasan untuk memantau kemajuan rencana
itu. Biasanya
sasaran dan anggaran ditetapkan untuk setiap bulan atau triwulan. Manajemen puncak dapat
menilai hasil setiap periode dan melihat bisnis mana yang tidak berhasil
mencapai sasaran. Manajer
dari bisnis harus menjelaskan apa yang terjadi dan tindakan yang akan mereka
lalkukan untuk memenuhi rencanaya.
No comments:
Post a Comment