1. Strategi
Organisasi dan Pengembangan SDM
Luoma mengemukakan, bahwa ada tiga pendekatan dalam
pengembangan SDM, yaitu pendekatan berdasarkan kebutuhan, pendekatan
oportunistik dan pendekatan yang didasarkan pada konsep yang menganggap bahwa
kapabilitas adalah kunci untuk mempertahankan keunggulan kompetitif.
Pendekatan
berdasarkan kebutuhan
menganggap bahwa strategi pengembangan SDM adalah untuk mengidentifikasi dan
memperbaiki kekurangan keterampilan dalam kaitannya denga strategi organisasi,
jadi pendekatan jenis ini bersifat reaktif.
Pendekatan
oportunistik menganggap bahwa
strategi pengembangan SDM lebih dipengaruhi oleh faktor eksternal dari pada
faktor internal. Pada pendekatan ini dibuat ide pendahuluan untuk pengembangan
SDM di organisasi secara umum yang berasal dari studi kasus, benchmarking, dan lain-lain.
Pendekatan
ketiga menganggap bahwa kapabilitas adalah kunci untuk
mempertahankan keunggulan kompetitif, pendekatan ini bersifat proaktif,
karena memfokuskan diri pada keadaan organisasi yang diinginkan dimasa
mendatang.
Dalam
pelaksanaannya, ketiga pendekatan tersebut seringkali dipergunakan secara
bersamaan dan disesuaikan dengan kondisi perusahaan / organisasi saat ini dan
pengembangan yang diinginkan dimasa mendatang.
2. Integrasi antara Strategi Pengembangan SDM
dan Strategi SDM yang Lain
Didalam
pengelolaan SDM, antara strategi fungsi SDM yang satu dengan yang lainnya tidak
dapat dilihat sebagai bagian yang terpisah, tetapi harus dilihat sebagai suatu
yang komprehensif.
Sebagai
contoh adalah dampak strategi pengembangan SDM terhadap fungsi perekrutan dan
seleksi, bila fungsi pengembangan SDM dapat mengembangkan karyawan dengan baik,
maka tidak diperlukan mencari tenaga dari luar perusahaan, artinya tidak
diperlukan perekrutan eksternal.
STRATEGIC ASPECT OF HR DEVELOPMENT
1. Organization Strategy and
Human Resource Development
Luoma argues that there are three approaches in human
resource development: the need-based approach, the opportunistic approach and
the approach based on the concept that capability is the key to maintaining a
competitive advantage.
A needs-based approach assumes that the HR development
strategy is to identify and correct skills shortages in relation to
organizational strategy, so this type of approach is reactive.
The opportunistic approach assumes that HR development
strategies are more influenced by external factors than internal factors. In
this approach, a preliminary idea for the development of human resources in the
organization in general derived from case studies, benchmarking, and others.
The third approach assumes that capability is the key to
maintaining a competitive advantage, this approach is proactive, because it
focuses on the desired organizational conditions in the future.
In practice, these three approaches are often used simultaneously
and adapted to current corporate / organizational conditions and future
desirable developments.
2. Integration between Human
Resource Development Strategy and Other Human Resource Strategy
In HR management, between HR strategy strategies with one another
can not be seen as a separate part, but must be seen as a comprehensive one.
An example
is the impact of human resource development strategies on recruitment and
selection functions, if the HR development function can develop employees well,
it is not necessary to seek outside personnel, meaning no external recruitment
is required.
No comments:
Post a Comment