Konsep Inti Pemasaran
Di antara banyak definisi pemasaran yang diajukan, kami
menyukai yang ini pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial dimana
individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan
menciptakan, menawarkan dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain.
1. Kebutuhan, Keinginan Dan
Permintaan
Cara berpikir pemasaran mulai dengan
kebutuhan dan keinginan manusia. Manusia membutuhkan makanan, udara, air,
pakaian dan rumah untuk hidup. Di luar ini, manusia ingin rekreasi, pendidikan
maupun jasa lainnya. Ada perbedaan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan.
Kebutuhan manusia adalah keadaan merasa tidak memiliki kepuasan dasar. Manusia
membutuhkan makanan, pakaian, perlindungan, keamanan, hak milik, harga diri dan
beberapa hal lain untuk bisa hidup. Keinginan adalah hasrat akan pemuas
tertentu dari kebutuhan tersebut. Permintaan adalah keinginan sesuatu yang
didukung dengan kemampuan serta kesediaan membelinya.
2. Produk
Orang memenuhi kebutuhan dan keinginannya
dengan barang dan jasa. Kita akan menggunakan istilah produk untuk mencakup
keduannya. Kita definisikan produk sebagai sesuatu yang dapat ditawarkan untuk
memenuhi kebutuhan atau keinginan. Pentingnya suatu produk fisik bukan terletak
pada kepemilikannya, tetapi pada jasa yang dapat diberikannya. Sebenarnya jasa
juga diberikan oleh sarana lain seperti orang, tempat, kegiatan, organisasi
atau gagasan.
3. Nilai, Kebudayaan Dan
Kepuasan
Ada beberapa produk yang dapat memenuhi
kebutuhan ini seperti sepeda, motor, mobil, taksi dan bus. Pilihan-pilihan ini
adalah kelompok pilihan produknya. Konsep dasarnya adalah nilai pelanggan,
nilai setiap produk sebenarnya tergantung dari seberapa jauh produk tersebut
dapat mendekati produk ideal.
4. Pertukaran, Transaksi Dan
Hubungan
Pemasaran timbul saat orang memutuskan untuk
memenuhi kebutuhan serta keinginannya dengan pertukaran. Pertukaran merupakan
salah satu dari empat cara orang mendapatkan suatu produk. Cara pertama adalah
dengan menghasilkannya sendiri, cara kedua adalah dengan memaksa, cara ketiga
adalah dengan meminta-minta, dan terakhir adalah pertukaran. Pertukaran adalah
cara mendapatkan suatu produk yang diinginkan dari seseorang dengan menawarkan
sesuatu sebagai gantinya. Pertukaran ini adalah konsep dasar pemasaran.
Supaya terjadi pertukaran, ada lima syarat
yang harus dipenuhi:
a.
Ada sekurang-kurangnya dua
pihak
b.
Masing-masing pihak memiliki
sesuatu yang bernilai bagi pihak lainnya
c.
Masing-masing pihak dapat
berkomunikasi dan menyerahkan barang
d.
Masing-masing pihak bebas
menerima atau menolak penawaran yang ada
e.
Masing-masing pihak memang
menginginkan dan bersedia berurusan dengan pihak lainnya
5. Pasar
Pasar terdiri dari semua pelangan potensial
yang memiliki kebutuhan atau keinginan tertentu serta mau dan mampu turut dalam
pertukaran untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan itu.
6. Pemasaran Dan Pemasar
Pemasaran adalah kegiatan manusia dalam
hubungannya dengan pasar. Pemasaran maksudnya bekerja dengan pasar untuk
mewujudkan transaksi yang mungkin terjadi dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan
manusia. Pemasar adalah orang yang mencari sumber daya dari orang lain dan mau
menawarkan sesuatu yang bernilai unt. Jadi definisi pemasaran itu adalah proses
sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan
keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan dan menukarkan produk yang
bernilai satu sama lain. Manajemen pemasaran adalah proses perencanaan dan
pelaksanaan dari perwujudan, pemberian, harga, promosi dan distribusi dari
barang-barang, jasa dan gagasan untuk menciptakan pertukaran dengan kelompok sasaran
yang memenuhi tujuan pelanggan dan organisasi.
Core Concepts
Marketing
Among the many definitions of the proposed marketing,
we liked that marketing is a social and managerial process in which individuals
and groups obtain their needs and desires by creating, offering and exchanging
something of value to one another.
1.
Needs, Wants and Demand
How to
think of marketing start with human needs and desires. Humans need food, air,
water, clothes and houses for a living. Beyond this, people want recreation,
education and other services. There is a difference between needs, wants and
demands. The human need is a state of feeling of dissatisfaction basis. Humans
need food, clothing, shelter, security, property rights, self-esteem and a few
other things to survive. Desire is the desire to be certain of satisfying those
needs. Demand was craving something which is supported by the ability and
willingness to buy.
2.
Products
Meet
the needs and wishes of people with goods and services. We will use the term
product to include both. We define the product as something that can be offered
to meet the needs or desires. The importance of a physical product lies not in
its interest, but the services that can be rendered. Actual services are also
provided by other means such as people, places, activities, organization or
idea.
3.
Values, Culture And
Satisfaction
There
are several products that can meet these needs such as bicycles, motorcycles,
cars, taxis and buses. These options are a group of product selection. The
basic concept is customer value, the value of each product actually depends on
how far the product can approach the ideal product.
4.
Exchange, Transactions And
Relationships
Marketing
occurs when people decide to meet the needs and desires with the exchange. The
exchange is one of four ways people get a product. The first way is to produce
its own, the second way is to force, the third way is by begging, and the last
is the exchange. The exchange is a way to get a desired product from someone by
offering something in return. This exchange is the basic concept of marketing.
In order for an
exchange, there are five requirements that must be met:
a. There are at least two
parties
b. Each party has something of
value to the other party
c. Each party can communicate
and deliver the goods
d. Each party is free to
accept or reject the existing offer
e. Each party does want and
are willing to deal with other parties
5.
Market
The
market consists of all the potential subscriber who have specific needs or
desires as well as willing and able to participate in the exchange to meet the
needs or desires.
6.
Marketing And Marketers
Marketing
is a human activity in relation to the market. Marketing means working with the
market to make transactions that may occur in meeting human needs and desires.
Marketers are looking for resources from others and want to offer something of
value unt. So the definition of marketing is social and managerial process in
which individuals and groups obtain their needs and desires by creating,
offering and exchanging products of value to one another. Marketing management
is the process of planning and implementation of the embodiment,
administration, pricing, promotion and distribution of goods, services and
ideas to create exchanges with target groups that meet customer and
organizational objectives.
No comments:
Post a Comment