Lingkungan pemasaran adalah faktor-faktor dan kekuatan diluar bagian pemasaran yang mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk mengembangkan dan memelihara hubungan baik dengan pelanggan sasaran.
A. Lingkungan Mikro Perusahaan
Tujuan utama setiap
perusahaan adalah melayani dan memuaskan kebutuhan tertentu dari pasar
sasarannya yang telah dipilih secara menguntungkan.
1. Pemasok
Pemasok adalah perusahaan bisnis dan individu-individu yang
menyediakan sumber daya yang diperlukan oleh perusahaan dan para pesaing untuk
memproduksi barang dan jasa.
2. Perantara-Perantara Pemasaran
Perantara perantara adalah perusahaan bisnis yang membantu
perusahaan menemukan pelanggan atau mendekatkan penjualan kepada perusahaan.
3. Pelanggan
Jenis-jenis pasar pelanggan:
a. Pasar konsumen : individu dan
rumahg tangga yang membeli barang dan jasa untuk dikonsumsi
b. Pasar produsen : organisasi
yang membeli barang dan jasa yang diperlukan untuk memproduksi barang dan jasa
lain dengan tujuan untuk mendapatkan laba dan / atau mencapai tujuan lain
c. Pasar penjual : organisasi yang
membeli barang dan jasa untuk dijual kembali dengan mendapatkan laba
d. Pasar pemerintah dan non laba :
pemerintah dan lembaga-lembaga non laba yang membeli barang dan jasa untuk
memproduksi jasa public atau mentransfer barang dan jasa ini kepada pihak yang
memerlukan
e. Pasar internasional : pembeli
yang ada di luar negeri,termasuk konsumen,produsen,penjual,dan pemerintah
asing.
4. Pesaing
Cara terbaik bagi perusahaan untuk mengetahui persaingan secara
keseluruhan adalah dengan meminta pendapat para pembeli.
5. Publik/Masyarakat
Public adalah sekelompok orang yang mempunayai kepentingan actual/potensial atau mempunyai
dampak terhadap kemampuan perusahaan untuk mencapai tujuannya.Kemudian ia
merencanakan suatu paket manfaat yang dapat menimbulkan nama baik.
· Public media : perusahaan harus
menimbulkan nama baik di organisasi media, khususnya Koran, majalah, stasiun radio
dan televise
· Public pemerintah : perusahaan
harus mempertimbangkan perkembangan dalam pemerinta dalam merumuskan rencana
pemasaran.
· Public tindakan warga Negara :
proses pemasaran suatu pemasaran mungkin di pertanyakan oleh organisasi
konsumen, kelompok lingkungan, kelompok minoritas dan sebagainya.
· Public umum : suatu perusahaan
harus memperhitungkan factor sikap public terhadap produk dan jalannya
perusahaan.
· Public internal : public
internal suatu perusahaan meliputi pekerja kasarnya, pekerja di belakang meja, para manajer
dan dewan komisaris.
B.
Lingkungan Makro Perusahaan
Faktor-faktor
yang tidak dapat di control yang harus dimonitor dan ditanggapi oleh perusahaan
yaitu:
1.
Lingkungan Demografis
a.
Pertumbuhan populasi dunia yang
eksplosif
b.
Distribusi umur populasi
menetukan kebutuhan
c.
Kelompok pendidikan
d.
Pola rumah tangga
e.
Pergeseran geografis dalam
populasi
f.
Pergeseran dari pasar masal ke
pasar mikro
2.
Lingkungan Ekonomi
a.
Distribusi pendapatan
·
Perokoniman subsistem
·
Perokonomian pengekspor bahan
baku
·
Perokonomian indrustrialisasi
·
Perokonomian indrustri
b.
Tabungan,utang,dan ketersediaan
kredit
3.
Lingkungan Alam
a.
Kekurangan
bahan mentah
b.
Biaya energy yang meningkat
c.
Tingkat polusi yang meningkat
d.
Perubahan peranan pemerintah
dalam pelestarian lingkungan
4.
Lingkungan Teknologi
a.
Langkah perubahan teknologi
yang semakin cepat
b.
Peluang inovasi yang tidak
terbatas
c.
Anggaran riset dan pengembangan
yang bervariasi
d.
Regulasi yang meningkat atas
perubahan teknologi
5.
Lingkungan Politik
a.
Jumlah yang substansial dari
undang-undang yang mengatur bisnis
b.
Pertumbuhan kelompok-kelompok
kepentingan umum
6.
Lingkungan Kebudayaan
a.
Nilai budaya dasar memilki
tingkat kemapanan yang tinggi
b.
Setiap kebudayaan terdiri dari
sub-sub kebudayaan
c.
Nilai budaya sekunder mengalami
pergeseran sepanjang waktu.
MARKETING ENVIRONMENT
The marketing environment is the factors and forces
beyond the marketing part that affect the ability of marketing management to
develop and maintain good relationships with targeted customers.
A.
The
Company's Micro Environment
The main
goal of any company is to serve and satisfy the particular needs of its chosen
target market profitable.
1.
Suppliers
Suppliers are business firms and individuals who provide the resources
required by companies and competitors to produce goods and services.
2.
Intermediary-Marketing
Intermediaries
Intermediary intermediaries are business firms that help companies find
customers or bring sales closer to the company.
3.
Customers
Types of customer market:
a.
The consumer
market: individuals and households who buy goods and services for consumption
b.
Market
producers: organizations that buy goods and services necessary to produce other
goods and services in order to earn profits and / or achieve other goals
c.
The seller's
market: the organization that buys goods and services for resale by earning a
profit
d.
Government
and non-profit markets: government and non-profit institutions that buy goods
and services to produce public services or transfer these goods and services to
those in need
e.
International
markets: overseas buyers, including consumers, producers, sellers, and foreign
governments.
4.
Competitors
The best way for companies to know the overall competition is to get the
buyers' opinions.
5.
Public /
Community
Public is a group of people who have actual or potential interests or have
an impact on the company's ability to achieve its goals. Then he plans a
package of benefits that can cause good reputation.
a.
Public
media: companies must generate good names in media organizations, especially
newspapers, magazines, radio stations and television
b.
Public
government: companies should consider developments in government in formulating
marketing plans.
c.
Public actions
of citizens: the marketing process of marketing may be questioned by consumer
organizations, environmental groups, minority groups and so on.
d.
Public
general: a company must take into account public attitudinal factors to the
product and the way the company.
e.
Internal
public: the company's internal public includes its hired workers, desk workers,
managers and board of commissioners.
B.
Macro
Environment Company
Factors that
can not be controlled should be monitored and responded by the company are:
1.
Demographic
Environment
a.
The
explosive growth of the world's population
b.
The age
distribution of the population determines the need
c.
Educational
group
d.
Household
patterns
e.
Geographic
shifts in population
f.
Shift from
mass market to micro market
2.
Economic
Environment
a.
Distribution
of income
1.
Subsystem
economy
2.
The
exporting economy of raw materials
3.
The
industrialized economy
4.
The
industrial economy
b.
Savings, debt, and credit availability
3.
Natural
Environment
a.
Lack of raw
materials
b.
Increased
energy costs
c.
Increased
pollution levels
d.
Changes in
the role of government in environmental conservation
4.
Technology
Environmen
a.
Steps of
technological change are accelerating
b.
Unlimited
opportunities for innovation
c.
Varied
research and development budgets
d.
Increased
regulation of technological changes
5.
Political
Environment
a.
A
substantial amount of laws governing business
b.
Growth of
public interest groups
c.
Cultural
Environment
d.
The value of
basic culture has a high level of establishment
e.
Each culture
is made up of sub-cultures
f.
The value of
secondary culture has shifted over time.
No comments:
Post a Comment