Tujuan pemasaran adalah memenuhi dan memuaskan kebutuhan dan keinginan pelanggan sasaran. Meskipun demikian, para pemasar harus mempelajari keinginan, persepsi, preferensi, dan perilaku berbelanja serta perilaku pembelian pelanggan sasaran mereka. Studi-studi seperti ini akan memberikan petunjuk untuk mengembangkan produk-produk baru, karakteristik atau ciri-ciri produk, harga, saluran distribusi, pesan dan unsur-unsur bauran pemasaran lainnya.
A. Model Perilaku Konsumen
Pada masa-masa yang lalu, para pemasar dapat memahami para konsumen
melalui pengalaman penjualan sehari-hari kepada mereka. Namun pertumbuhan dalam
ukuran perusahaan dan pasar telah menjauhkan banyak manajer pemasaran dari
kontak langsung dengan para pelanggan. Para manajer harus semakin tergantung
kepada riset konsumen untuk memperoleh jawaban atas pertanyaan-pertanyaan
langsung dari konsumen.
B. Faktor-Faktor Utama Yang Mempengaruhi Perilaku Pembeli
1. Faktor Budaya
a. Kultur
b. Subkultur
c. Kelas social
2. Faktor Social
a. Kelompok acuan
b. Keluarga
c. Peran dan status
3. Faktor Pribadi
a. Pekerjaan
b. Gaya hidup
c. Kondisi ekonomi
d. Usia dan tahap siklus hidup
4. Faktor Psikologis
a. Motivasi
b. Persepsi
c. Keyakinan dan sikap
C. Proses Keputusan Pembelian
Para pemasar harus mendalami berbagai pengaruh terhadap pembeli dan
mengembangkan pemahaman mengenai bagaimana sebenarnya para konsumen membuat
keputusan pembelian mereka. Para pemasar harus mengidentifikasi siapa yang
membuat keputusan pembelian, jenis keputusan pembelian,dan langkah-langkah
dalam proses pembelian.
1. Peran Dalam Pembelian
Ada lima peran yang dimainkan orang dalam
mengambil keputusan pembelian:
a.
Pencetus ide (initiator) : orang yang pertama
kali mengusulkan untuk membeli produk atau jasa tertentu.
b. Pemberi pengaruh (influence) : orang yang pandangan atau pendapatnya mempengaruhi keputusan pembelian.
c. Pengambil keputusan (decider) : orang yang memutuskan setiap komponen
dalam keputusan pemeblian.
d. Pembeli (buyer) : orang yang melakukan pembelian actual
e. Pemakai : orang yang mengkomsumsi atau menggunakan produk atau jasa yang
dibeli
2. Jenis-Jenis Perilaku Pembelian
a. Perilaku pembelian kompleks.
b. Perilaku pembelian mengurangi ketidaksesuaian.
c. Perilaku pembelian menurut kebiasaan.
d. Perilaku pembelian mencari variasi.
3. Meneliti Proses Keputusan Pembelian
Perusahaan yang bijak akan meneliti proses
keputusan pembelian yang melibatkan kategori produk mereka. Mereka akan
menayakan konsumen kapan mereka pertama kali mengenal kategori produk dan merek
mereka,apa keyakinan merek mereka,seberapa besar keterlibatan meraka dengan
produknya,bagaimana mereka membuat pilihan merek dan seberapa puas mereka
setelah pembelian.
4. Tahap-Tahap Dalam Proses Keputusan Pembelian
a. Pengenalan kebutuhan
b. Pencarian informasi
c. Evaluasi alternative
d. Keputusan pembelian
e. Perilaku setelah pembelian
ANALYZING THE CONSUMER MARKET
The purpose of marketing is to meet and
satisfy the needs and wants of targeted customers. Nevertheless, marketers must
learn the wants, perceptions, preferences, and behavior of the shopping as well
as the buying behavior of their target customers. Such studies will provide
clues for developing new products, characteristics or product characteristics,
prices, distribution channels, messages and other elements of the marketing
mix.
A.
Model of Consumer Behavior
In the past, marketers can understand
consumers through their daily sales experience. But growth in company and
market size has kept many marketing managers from direct contact with customers.
Managers must increasingly rely on consumer research to get answers to direct
questions from consumers.
B.
Key Factors Affecting Buyer Behavior
1.
Cultural Factors
a.
Culture
b.
Subculture
c.
Social class
2.
Social Factors
a.
Reference group
b.
Family
c.
Roles and status
3.
Personal factors
a.
Work
b.
Lifestyle
c.
Economic conditions
d.
Age and stage of life cycle
4.
Psychological Factors
a.
Motivation
b.
Perception
c.
Confidence and attitude
C.
Purchase Decision Process
Marketers must explore the influences on
buyers and develop an understanding of how consumers actually make their
purchasing decisions. Marketers must identify who made the buying decision, the
type of purchase decision, and the steps in the buying process.
1.
Peran In Purchase
There are five roles that people play in making a buying decision:
a.
The originator: the person who first proposes to buy a particular
product or service.
b.
Influences: people whose views or opinions influence purchasing
decisions.
c.
Decision Maker: the person who decides on each component in a marketing
decision.
d.
Buyer (buyer): the person who made the actual purchase
e.
Users: people who consume or use products or services purchased
2.
Types of Purchase Behavior
a.
Complex purchasing behavior.
b.
Purchasing behavior reduces discrepancies.
c.
Behavioral buying behavior.
d.
Purchase behavior looks for variety.
3.
Researching the Purchasing Decision Process
Wise companies will examine purchasing decision processes that involve
their product categories. They will ask consumers when they first recognize
their product and brand categories, what their brand beliefs are, how much they
are involved with their products, how they make their brand choices and how
satisfied they are after the purchase.
4.
Step-Phase In Purchase Decision Process
a.
Introduction needs
b.
Search information
c.
Alternative evaluation
d.
Buying decision
e.
Behavior after purchase
No comments:
Post a Comment