sambutlah pagi dengan senyum kedamaian hingga gelap terbaring di pangkuanmu "( greet the morning with a smile of peace until dark was lying in your lap )"

Friday, December 8, 2017

ISI RENCANA PEMASARAN

1.      Ringkasan Eksekutif
Dokumen perencanaan harus dimulai  dengan ringkasan singkat dari sasaran utama dan rekomendasi rencana itu, dengan ringkasan eksekutif manajemen puncak dapat cepat memahami arah utama rencana itu, ringkasan eksekutif sebaiknya diikuti oleh daftar isi.
2.      Situasi Pemasaran Saat Ini
Situasi pasar di sini memberikan data tentang pasar sasaran,misalnya ukuran pasar dan pertumbuhan pasar selama beberapa tahun terakhir,baik secara keseluruhan maupun menurut segmen pasar dan geografis.situasi produk disini ditunjukkan penjualan,harga, margin, kontrubusi dan laba bersih dari setiap produk dalam seri yang ada beberapa tahun terakhir.Situasi pesaing di sini di jelaskan pesaing utama beserta ukuran,sasaran,pangsa pasar,mutu produk,strategi pemasaran dan sifat-sifat lain mereka yang perlu untuk memahami keinginan dan tindakan mereka.Situasi distribusi bagian ini meninjukkan data tentang ukuran dan pentingnya setiap saluran distribusi.
Siutasi lingkungan makro bagian ini menjelaskan kecenderungan llingkungan makro demografi,ekonomi,teknologi,politik,hokum,social,budaya yang mempengaruhi masa depan seri produk ini.
3.      Analisais Peluang Dan Masalah
Analisis peluang/ancaman,di sini manajer produk menjelaskan peluang dan ancaman yang dihadapi bisnis. Analisis kekuatan/kelemahan,manajer produk perlu menjelaskan kekuatan dan kelemahan produk. Analisis masalah,dalam hal ini perusahaan menggunakan hal-hal yang sudah dibicarakan untuk menentukan masalah utama yang dihadapi rencana ini.
4.      Sasaran
Sekarang manajer produk harus memutuskan sasaran rencana ini,ada dua sasaran yang harus di putuskan yaitu sasaran keuangan dan sasaran pemasaran.
5.      Strategi Pemasaran
Manajer produk sekarang menjelaskan strategi pemasaran atau garis besar rencana, strategi ini dapat dibuat dalam bentuk daftar:
a.       Pasar sasaran
b.      Penentuan posisi
c.       Seri produk
d.      Harga
e.       Saluran distribusi
f.       Wiraniaga
g.      Pelayanan
h.      Iklan
i.        Promosi penjualan
j.        Penelitian dan pengembangan
k.      Penelitian pemasaran
6.      Program Kerja
Strategi adalah garis besar tindakan untuk mencapai sasaran bisnis.Setiap elemen strategi pemasaran harus dijabarkan untuk mengetahui apa yang akan dilakukan, siapa yang melakukan, kapan dilakukan, berapa biayanya?
7.      Proyeksi Laba Rugi
Dengan rencana kerja,manajer produk dapat membuat anggaran pendukungnya. Di sisi penghasilan,anggaran menunjukkan perkiraan jumlah penjualan dalam unit dan harga rata-ratanya. Disisi pengeluaran ,anggaran menunjukkan biaya produksi, distribusi dan pemasaran yang terbagi dalam kelompok lebih kecil,s elisihnya adalah proyeksi laba.
8.      Pengawasan

Bagian terakhir dari rencana menunjukkan pengawasan untuk memantau kemajuan rencana itu. Biasanya sasaran dan anggaran ditetapkan untuk setiap bulan atau triwulan. Manajemen puncak dapat menilai hasil setiap periode dan melihat bisnis mana yang tidak berhasil mencapai sasaran. Manajer dari bisnis harus menjelaskan apa yang terjadi dan tindakan yang akan mereka lalkukan untuk memenuhi rencanaya.

No comments:

Post a Comment