sambutlah pagi dengan senyum kedamaian hingga gelap terbaring di pangkuanmu "( greet the morning with a smile of peace until dark was lying in your lap )"

Tuesday, January 16, 2018

ASPEK KUNCI DALAM PENGEMBANGAN KARYAWAN




Merupakan perencanan mengenai cara bagaimana kualitas dari sumber daya manusia yang dimiliki mampu berkembang ke arah yang lebih baik, meningkat kemampuan kerja, skill dan memiliki loyalitas yang baik terhadap organisasi atau perusahaan. Pengembangan sumber daya manusia dibutuhkan untuk kelangsungan sebuah organisasi atau perusahaan berkembang secara lebih dinamis.
Sebab sumber daya manusia merupakan unsur paling penting di dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Para karyawan bukanlah mesin yang bisa selalu ditekan tenaganya bagi kelangsungan perusahaan, sebaiknya pihak perusahaan punya strategi bagaimana langkah yang harus diambil untuk memberikan kesempatan agar SDM yang ada bisa berkembang lebih baik.
Apa saja strategi pengembangan SDM yang bisa Anda coba terapkan pada organisasi atau perusahaan Anda? berikut ini diberikan beberapa cara yang bisa Anda lakukan sebaga upaya strategi pengembangan SDM tersebut:
1.    Memberikan kesempatan kepada karyawan untuk menyumbangkan ide
Karyawan sebagai bagian dari perusahaan merupakan unsur yang turut mendukung berjalannya sebuah bisnis usaha atau roda organisasi. Meskipun secara fisik modal atau hak menjalankannya ada di tangan kita, namun sangat penting bagi kita mendengarkan masukan atau ide-ide dari para karyawan. Sebab boleh jadi meskipun ia hanya seorang karyawan namun memiliki gagasan yang lebih fresh dan dibutuhkan oleh perusahaan.
Sikap otoriter seorang pimpinan perusahaan untuk tidak mendengarkan apa yang menjadi masukan dan ide-ide dari seorang karyawan akan membuat upaya strategi pengembangan SDM berjalan lamban. Sebab karyawan merasa tidak diberi ruang kebebasan untuk menunjukkan potensi.
Kewajiban seorang pimpinan perusahaan juga mendengarkan apa yang disuarakan oleh bawahan, tanpa adanya kelapang dadaan seorang pemimpin dalam mendengarkan ide atau usulan dari bawahannya, bisa dipastikan karyawan tidak akan berkembang, terlebih jika Anda memperlakukan karyawan seperti mesin kerja yang hanya digunakan untuk kepentingan bisnis perusahaan.
2.    Pemberian reward dan punishment
Hal lain yang bisa menjadi strategi pengembangan SDM adalah upaya apresiasi terhadap hasil kerja dari karyawan. Apresiasi dibutuhkan untuk lebih memotivasi seorang karyawan terhadap cara kerjanya di perusahaan. Apresiasi yang baik diberikan kepada mereka yang memang memiliki dedikasi yang baik pada perusahaan, mampu menyumbangkan ide dan gagasan yang baik serta memiliki loyalitas terhadap perusahaan. Sementara punishment diberikan guna membuat karyawan tersadar dari kelalaian atau kesalahan kerjanya.
3.    Mengupayakan berbagai pelatihan
Strategi pengembangan SDM yang tak kalah pentingnya adalah bagaimana upaya yang dilakukan oleh pihak perusahaan untuk terus meningkatkan skill dan kemampuan seorang karyawan sesuai dengan ranah kerjanya. Pelatihan-pelatihan sangat penting untuk diadakan, perusahaan lah yang bertanggung jawab untuk mengadakan upaya peningkatan kemampuan dan skill terhadap para karyawannya.
Strategi pengembangan SDM pada hakikatnya bukan hanya untuk kepentingan personal seorang karyawan namun juga untuk kebutuhan jangka panjang perusahaan.Strategi pengembangan SDM yang baik tak hanya akan membuat perusahaan Anda menjadi lebih dinamis, namun juga hubungan Anda sebagai pemimpin perusahaan dengan para karyawan dapat berjalan lebih harmonis. Sebab karyawan bukan lah mesin, maka manusia kan lah seorang karyawan yang sudah bekerja keras untuk kelangsungan bisnis Anda.
Perusahaan yang akan sukses adalah perusahaan yang mengerti bagaimana pentingnya dan apa upaya-upaya yang harus diwujudkan untuk melaksanakan strategi pengembangan SDM tersebut. Hubungan seorang karyawan dan pimpinan bukan hanya terikat atas hubungan kerja, namun secara manusiawi keduanya juga saling berinteraksi, maka strategi pengembangan SDM merupakan bentuk apresiasi seorang pimpinan terhadap karyawan dalam aspek humanis.



KEY ASPECTS IN EMPLOYEE DEVELOPMENT

It is a plan of how the quality of human resources is capable of developing in a better direction, increasing the ability of work, skill and have a good loyalty to the organization or company. Human resource development is needed for the continuity of an organization or a developing company in a more dynamic way.
Because human resources are the most important element in an organization or company. Employees are not machines that can always be suppressed for the survival of the company, the company should have a strategy how steps should be taken to provide opportunities for existing human resources can develop better.
What are some HR development strategies you can try to apply to your organization or company? here are some ways you can do as an effort of HR development strategy:
1.     Provide an opportunity for employees to contribute ideas
Employees as part of the company is an element that helped support the running of a business or organization wheels. Although the physical capital or the right to run it is in our hands, but it is very important for us to listen to feedback or ideas from the employees. For maybe even though he is just an employee but has a more fresh idea and needed by the company.
The authoritarian attitude of a corporate leader not to listen to what the input and ideas of an employee will make the HR development strategy effort slow. Because employees feel not given the freedom room to show potential.
The duty of a company leader also listens to what the subordinates voiced, without the presence of a leader in listening to ideas or suggestions from his subordinates, it is certain that employees will not develop, especially if you treat employees like machines that are only used for the business interests of the company.
2.     Giving rewards and punishment
Another thing that can be a HR development strategy is an effort to appreciate the work of employees. Appreciation is needed to further motivate an employee about how it works in the company. Good appreciation is given to those who do have a good dedication to the company, able to contribute ideas and good ideas and have a loyalty to the company. While punishment is given to make employees wake up from negligence or work errors.
3.     Striving for various trainings
HR development strategy is no less important is how the efforts made by the company to continue to improve the skills and abilities of an employee in accordance with the realm of work. Training is very important to be held, the company is responsible for making efforts to improve the skills and skills of its employees.
The HR development strategy is essentially not just for the personal benefit of an employee but also for the company's long-term needs. A good HR development strategy will not only make your company more dynamic, but your relationship as a corporate leader with employees can run more harmoniously. Because employees are not machines, then humans are an employee who has worked hard for the continuity of your business.

Companies that will succeed are companies that understand how important and what efforts should be realized to implement the HR development strategy. The relationship of an employee and the leader is not only tied to the working relationship, but humanely they are also interacting each other, then the strategy of human resource development is a form of appreciation of a leader of the employees in the humanist aspect.


No comments:

Post a Comment