sambutlah pagi dengan senyum kedamaian hingga gelap terbaring di pangkuanmu "( greet the morning with a smile of peace until dark was lying in your lap )"

Tuesday, June 25, 2013

MARKETING MIX / BAURAN PEMASARAN 7P

MARKETING MIX / BAURAN PEMASARAN 7P

Bauran pemasaran / marketing mix sangat penting dalam membangun produk tak terkecuali perusahaan jasa. Dalam komunikasi pemasaran diperlukan suatu pendekatan yang mudah dan fleksibel yang terdapat pada bauran pemasaran (marketing mix)

Bauran pemasaran adalah strategi produk, promosi, dan penentuan harga yang bersifat unik serta dirancang untuk menghasilkan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pasar yang dituju. Namun kini hal tersebut semakin berkembang tidak hanya dalam hal product, price, place dan promotion. Namun juga mengenai people, process, dan physical evidence. Saya kurang paham siapa yang duluan menegemukakan konsep 7P ni, tapi yang jelas, sangat berguna bagi penerapan konsep ini dalam komunikasi pemasaran.

1. PRICE
harga adalah elemen penting yang menempel pada sebuah produk. harga menjadi kunci utama bagi konsumen untuk membeli barang, khususnya konsumen kelas menengah kebawah. dalam pemasaran, penentuan harga bisa menjadi kekuatan untuk bersaing didalam pasar

2. PLACE
lokasi disini bisa dikaitkan dengan akses tempat maupun distribusi produk. lokasi menjadi penting perannya dalam pemasaran karena terkait dengan after-sales satisfaction maupun before-sales satisfaction pelanggan

3. PROMOTION
promosi sudah jelas menjadi alat utama dalam pemasaran sebuah produk. promosi ini juga yang kemudian banyak menggerus keuangan perusahaan demi memperkenalkan produknya ke pasar. promosi dapat berupa iklan di media cetak maupun elektronik, brosur, baliho, dan sponsorship. 

4. PRODUCT
produk yang dimaksud disini terkait dengan kualitasnya. produk berkualitas yang ditawarkan dengan harga terjangkau jelas akan menjadi sasaran pasar. brand produk juga menjadi penting karena ada beberapa segmen di pasar yang menjadikan brand sebagai alasan utama memilih produk.

5. PROCESS
proses ini sebenarnya adalah salah satu elemen inti yang ada di 9 core elements of marketing, namun melihat korelasi yang penting maka elemen ini ditarik masuk menjadi salah satu bagian dalam marketing mix. beberapa indikator proses yang diperlukan adalah prosedur, kebijakan, mekanisasi, arah aktivitas, dsb.
6. PEOPLE/PARTICIPANTS
yang dimaksud pada elemen people disini antara lain komitmen, insentif, penampilan, prilaku, dan kebiasaan. apapun yang menempel pada pelanggan maupun karyawan perusahaan.

7. PHYSICAL EVIDENCE
beberapa indikator utamanya yaitu lingkungan, warna, tata letak, dan fasilitas tambahan. ini terkait dengan tampilan sebuah produk/jasa yang ditawarkan. terkait dengan packaging yang disajikan untuk menarikan minat konsumen.


SEMOGA BERMANFAAT,,,,


No comments:

Post a Comment