sambutlah pagi dengan senyum kedamaian hingga gelap terbaring di pangkuanmu "( greet the morning with a smile of peace until dark was lying in your lap )"

Thursday, December 21, 2017

LINGKUNGAN PEMASARAN





Lingkungan pemasaran adalah faktor-faktor dan kekuatan diluar bagian pemasaran yang mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk mengembangkan dan memelihara hubungan baik dengan pelanggan sasaran.
A.              Lingkungan Mikro Perusahaan
Tujuan utama setiap perusahaan adalah melayani dan memuaskan kebutuhan tertentu dari pasar sasarannya yang telah dipilih secara menguntungkan.
1.     Pemasok
Pemasok adalah perusahaan bisnis dan individu-individu yang menyediakan sumber daya yang diperlukan oleh perusahaan dan para pesaing untuk memproduksi barang dan jasa.
2.     Perantara-Perantara Pemasaran
Perantara perantara adalah perusahaan bisnis yang membantu perusahaan menemukan pelanggan atau mendekatkan penjualan kepada perusahaan.
3.     Pelanggan
Jenis-jenis pasar pelanggan:
a.   Pasar konsumen : individu dan rumahg tangga yang membeli barang dan jasa untuk          dikonsumsi
b.   Pasar produsen : organisasi yang membeli barang dan jasa yang diperlukan untuk              memproduksi barang dan jasa lain dengan tujuan untuk mendapatkan laba dan / atau mencapai tujuan lain
c.   Pasar penjual : organisasi yang membeli barang dan jasa untuk dijual kembali dengan      mendapatkan laba
d.   Pasar pemerintah dan non laba : pemerintah dan lembaga-lembaga non laba yang              membeli barang dan jasa untuk memproduksi jasa public atau mentransfer barang dan jasa ini kepada pihak yang memerlukan
e. Pasar internasional : pembeli yang ada di luar negeri,termasuk                        konsumen,produsen,penjual,dan pemerintah asing.
4.      Pesaing
Cara terbaik bagi perusahaan untuk mengetahui persaingan secara keseluruhan adalah dengan meminta pendapat para pembeli.
5.      Publik/Masyarakat
Public adalah sekelompok orang yang mempunayai  kepentingan actual/potensial atau mempunyai dampak terhadap kemampuan perusahaan untuk mencapai tujuannya.Kemudian ia merencanakan suatu paket manfaat yang dapat menimbulkan nama baik.
·     Public media : perusahaan harus menimbulkan nama baik di organisasi media, khususnya Koran, majalah, stasiun radio dan televise
·       Public pemerintah : perusahaan harus mempertimbangkan perkembangan dalam              pemerinta dalam merumuskan rencana pemasaran.
·     Public tindakan warga Negara : proses pemasaran suatu pemasaran mungkin di      pertanyakan oleh organisasi konsumen, kelompok lingkungan, kelompok minoritas dan sebagainya.
·     Public umum : suatu perusahaan harus memperhitungkan factor sikap public terhadap  produk dan jalannya perusahaan.
·     Public internal : public internal suatu perusahaan meliputi pekerja kasarnya, pekerja di  belakang meja, para manajer dan dewan komisaris.
B.        Lingkungan Makro Perusahaan
Faktor-faktor yang tidak dapat di control yang harus dimonitor dan ditanggapi oleh perusahaan yaitu:
1.       Lingkungan Demografis
a.       Pertumbuhan populasi dunia yang eksplosif
b.      Distribusi umur populasi menetukan kebutuhan
c.       Kelompok pendidikan
d.      Pola rumah tangga
e.      Pergeseran geografis dalam populasi
f.        Pergeseran dari pasar masal ke pasar mikro
2.       Lingkungan Ekonomi
a.       Distribusi pendapatan
·         Perokoniman subsistem
·         Perokonomian pengekspor bahan baku
·         Perokonomian indrustrialisasi
·         Perokonomian indrustri
b.      Tabungan,utang,dan ketersediaan kredit
3.       Lingkungan Alam
a.       Kekurangan bahan mentah
b.      Biaya energy  yang meningkat
c.       Tingkat polusi yang meningkat
d.      Perubahan peranan pemerintah dalam pelestarian lingkungan
4.       Lingkungan Teknologi
a.       Langkah perubahan teknologi yang semakin cepat
b.      Peluang inovasi yang tidak terbatas
c.       Anggaran riset dan pengembangan yang bervariasi
d.      Regulasi yang meningkat atas perubahan teknologi
5.       Lingkungan Politik
a.       Jumlah yang substansial dari undang-undang yang mengatur bisnis
b.      Pertumbuhan kelompok-kelompok kepentingan umum
6.       Lingkungan Kebudayaan
a.       Nilai budaya dasar memilki tingkat kemapanan yang tinggi
b.      Setiap kebudayaan terdiri dari sub-sub kebudayaan
c.       Nilai budaya sekunder mengalami pergeseran sepanjang waktu.


 MARKETING ENVIRONMENT


The marketing environment is the factors and forces beyond the marketing part that affect the ability of marketing management to develop and maintain good relationships with targeted customers.
A.      The Company's Micro Environment
The main goal of any company is to serve and satisfy the particular needs of its chosen target market profitable.
1.      Suppliers
Suppliers are business firms and individuals who provide the resources required by companies and competitors to produce goods and services.
2.      Intermediary-Marketing Intermediaries
Intermediary intermediaries are business firms that help companies find customers or bring sales closer to the company.
3.      Customers
Types of customer market:
a.      The consumer market: individuals and households who buy goods and services for consumption
b.      Market producers: organizations that buy goods and services necessary to produce other goods and services in order to earn profits and / or achieve other goals
c.       The seller's market: the organization that buys goods and services for resale by earning a profit
d.      Government and non-profit markets: government and non-profit institutions that buy goods and services to produce public services or transfer these goods and services to those in need
e.       International markets: overseas buyers, including consumers, producers, sellers, and foreign governments.
4.      Competitors
The best way for companies to know the overall competition is to get the buyers' opinions.
5.      Public / Community
Public is a group of people who have actual or potential interests or have an impact on the company's ability to achieve its goals. Then he plans a package of benefits that can cause good reputation.
a.      Public media: companies must generate good names in media organizations, especially newspapers, magazines, radio stations and television
b.      Public government: companies should consider developments in government in formulating marketing plans.
c.       Public actions of citizens: the marketing process of marketing may be questioned by consumer organizations, environmental groups, minority groups and so on.
d.      Public general: a company must take into account public attitudinal factors to the product and the way the company.
e.       Internal public: the company's internal public includes its hired workers, desk workers, managers and board of commissioners.
B.      Macro Environment Company
Factors that can not be controlled should be monitored and responded by the company are:
1.      Demographic Environment
a.      The explosive growth of the world's population
b.      The age distribution of the population determines the need
c.       Educational group
d.      Household patterns
e.       Geographic shifts in population
f.        Shift from mass market to micro market
2.      Economic Environment
a.         Distribution of income
1.      Subsystem economy
2.      The exporting economy of raw materials
3.      The industrialized economy
4.      The industrial economy
b.     Savings, debt, and credit availability
3.      Natural Environment
a.      Lack of raw materials
b.      Increased energy costs
c.       Increased pollution levels
d.      Changes in the role of government in environmental conservation
4.      Technology Environmen
a.      Steps of technological change are accelerating
b.      Unlimited opportunities for innovation
c.       Varied research and development budgets
d.      Increased regulation of technological changes
5.      Political Environment
a.      A substantial amount of laws governing business
b.      Growth of public interest groups
c.       Cultural Environment
d.      The value of basic culture has a high level of establishment
e.       Each culture is made up of sub-cultures

f.        The value of secondary culture has shifted over time.

No comments:

Post a Comment