sambutlah pagi dengan senyum kedamaian hingga gelap terbaring di pangkuanmu "( greet the morning with a smile of peace until dark was lying in your lap )"

Monday, June 5, 2017

TIPS MENYUSUN SKRIPSI AGAR CEPAT SELESAI

Skripsi, ya kata skripsi mungkin tidak asing lagi bagi para mahasiswa/mahasiswi yang ada dibangku perkuliahan, terutama bagi yang sedang menempuh semester akhir. bahkan namanya terkadang dianggap menjadi suatu yang menakutkan, karena merupakan persyaratan akhir sebelum wisuda, sebenarnya kalau dicermati hal tersebut adalah mudah saja, hanya kita sudah menganggapnya sesuatu hal yang sulit untuk diselesaikan. Percaya diri, pantang menyerah, fokus satu tujuan, berfikirlah mengalah sebentar untuk kebebasan masa depan dan buang jauh-jauh rasa malas, insyaallah pasti akan terselesaikan. Langsung saja berikut ada beberapa tips agar penyusunan skripsi anda cepat selesai :
1.      PAHAMI DAN CERMATI TATA CARA PENULISAN SKRIPSI
Tata cara penulisan skripsi memang berbeda dari kampus satu dengan yang lainnya, dari itu sebelum membuat proposal skripsi alangkah baiknya mencari referensi skripsi yang ada di kampus anda terlebih dahulu. Disitu kamu bisa memahami penulisan dari latar belakang, perumusan masalah sampai ke bab penutup.
2.      JANGAN TERLALU MEMAKSAKAN DIRI MENCARI JUDUL YANG AMAZING
Banyak mahasiswa yang ingin penelitiannya lain daripada yang lain dengan memaksakan idenya atau ingin skripsinya sempurna, mungkin ingin dianggap hebat dan lebih baik dari pada yang lainnya. Tapi biasanya mereka yang demikian ini cenderung kesulitan di pertengahan jalan dan menjadikan penelitiannya terhambat. Jadi intinya ambil saja topik atau kajian yang umum dan ringan-ringan saja, yang terpenting anda memahami apa yang akan anda teliti, percuma kan anda meneliti tetapi anda tidak tau arah penelitian anda nantinya. Karena pada intinya yang namanya skripsi itu cuman pembelajaran untuk mempelajari fenomena yang terjadi ketika anda telah terjun ke lapangan, menjumpai temuan atau permasalahan dan menemukan cara menyelesaikannya.
3.      PAHAMI ALAT ANALISIS YANG INGIN DIPAKAI
Sebelum mengambil suatu judul dalam skripsi alangkah baiknya anda pahami terlebih dahulu alat analisis yang akan anda pakai dalam penelitian. Kebanyakan orang kesulitan dan tertunda di bab ini karena tidak ada persiapan dan asal mengambil judul tanpa berfikir ke bab selanjutnya.
4.      PAHAMI SIFAT DOSEN PEMBIMBING
Sosok dosen pembimbing berperan penting dalam cepat atau lambatnya selesai penyusunan skripsi anda. Maka dari itu pahamilah dosen pembimbing anda dengan menanyakan ke teman atau kakak tingkat anda seperti apa dosen pembimbing anda. Jangan ragu untuk bertanya dan jangan ragu untuk berargumen saat bimbingan, terkadang dosen pembimbing menguji kita sampai sebatas mana kita memahami isi dari penelitian kita.
5.      CARI REFERENSI SEBANYAK-BANYAKNYA
Disini adalah kunci utama penyusunan skripsi anda agar cepat selesai, jangan takut mencari referensi sebanyak-banyaknya yang hampir sama dengan judul skripsi anda yang sedang anda susun, baik melalui buku, skripsi yang ada di kampus, melalui jurnal atau melalui download dari google. Peran pentingnya adalah ambil yang sekiranya bisa dipakai dalam skripsi anda dan modifikasi deskripsinya dengan kata-kata anda. Untuk catatan kaki bisa mengikuti dari referensi yang sudah ada.
6.      PAHAMI ISI SKRIPSI ANDA DARI BAB 1 SAMPAI PENUTUP
Untuk mempersiapkan diri maju ke pengujian hasil, pahamilah dengan sebaik-baiknya isi skripsi anda dari bab 1 sampai penutup. Hal ini agar mempermudahkan anda menjawab disaat penguju mempertanyakan sebagian isi dalam skripsi anda. Alangkah baiknya baca berulang–ulang skripsi anda.



Sekian dari saya dan terima kasih banyak atas kunjungannya. Semangaaaaatttttt .

No comments:

Post a Comment