sambutlah pagi dengan senyum kedamaian hingga gelap terbaring di pangkuanmu "( greet the morning with a smile of peace until dark was lying in your lap )"

Saturday, November 25, 2017

RENCANA STRATEGI KORPORASI

1.    Formulasi Program
       Strategi setelah unit bisnis menetapkan strategi utamanya, unit bisnis tersebut harus mengembangkan program pendukungnya. Jadi apabila bisnis memutuskan untuk mengejar keunggulan teknologi, bisnis tersebut harus menjalankan program untuk memperkuat departemen riset dan pengembangannya, mengembangkan intelijen teknologi, mengembangkan produk mutakhir, melatih para wiraniaga teknis, merancang iklan untuk mengomunikasikan keunggulan teknologinya dll.
2.     Implementasi
     Strategi yang jelas dan program pendukung yang matang belum tentu cukup.Perusahaan bias gagal dalam implementasi.Strategi hanyalah satu dari tujuh elemen,menurut McKinsey Consulting Firm,yang ditunjukkan oleh perusahaan-perusahaan yang dikelola dengan baik.Tiga elemen pertama strategi, struktur dan system di anggap sebagai “perangkat keras” keberhasilan.Empat elemen selanjutnya gaya (style),staf,keterampilan (skill), dan nilai bersama (shared values) adalah “perangkat lunak”nya.
3.      Menetapkan Misi Korporasi
       Misi perusahaan dibentuk oleh lima elemen yaitu :
·         Sejarah,setiap perusahaan memiliki sejarah tujuan,kebijakan dan prestasi
·         Preferensi saat ini dari para pemilik dan manajemen
·         Lingkungan pasar mempengaruhi misi organisasi
·         Sumberdaya organisasi menentukan misi mana yang mungkin dijalankan
·        Organisasi harus mendasarkan misinya pada kompetensi utama (distinctive competences)
Pernyataan misi harus menetapkan lingkup kompetisi utama di mana perusahaan akan beroperasi :
·         Lingkup indrustri:kelompok indrustri yang dipertimbangkan perusahaan
·    Lingkup produk dan aplikasi:kelompok produk dan aplikasi dimana perusahaan akan beroperasi
·       Lingkup kompetensi:kelompok teknologi dan kompetensi inti lainnya yang akan dikuasai dan dikembangkan perusahaan
·        Lingkup segmen pasar:tipe pasar dan pelanggan yang dilayani perusahaan
·    Lingkup vertikal:jumlah tingkat saluran dari bahan mentah samnpai produk akhir dan distribusi yang dipergunakan perusahaan
·    Lingkup geografis:kelompok daerah, Negara, atau kawasan regional yang akan dimasuki perusahaan
4.     Menetapkan Unit Bisnis Strategic (Strategic Business Unit = SBU)
  Kebanyakan perusahaan mengoperasikan beberapa bisnis,manajemen harus menghindari define berdasarkan pasar yang terlalu sempit atau terlalu luas.Misalnya kalau suatu produsen pensil memandang dirinya sebagai alat pembuat alat tulis,ia mungkin akan berespansi memproduksi pena. Kalau ia memandang dirinya sebagai pembuat peralatan menulis, mungkin ia akan membuat pengolah kata. Konsep paling luas dari bisnisnya adalah perusahaan komunikasi,namun mungkin ini terlalu jauh untuk perusahaan pembuat pensil.
5.     Mengalokasikan Sumber Daya Pada Setiap SBU
   Tujuan identifikasi SBU perusahaan adalah untuk memberikan sasaran perencanaan strategic dan pendanaannya pada masing-masing unit.Tugas perusahaan selanjutnya adalah menetukan sasaran,strategic dan anggaran yang diberikan ke masing-masing SBU.Ada empat sasaran alternative yang dapat dipilih :
·   Build di sini sarannya adalah meningkatkan pangsa pasar SBU,meskipun harus mengorbankan laba jangka pendek.
·     Hold di sini sasarannya adalah mempertahankan pangsa pasar SBU
·   Haevest:di sini sasarannya adalah meningkatkan aliran kas jangka pendek SBU tanpa memedulikan akibat jangka panjangnya.
·   Divest:di sini sasarannya adalah untuk menjual atau melikuidasi bisnis karena sumber dayanya lebih baik digunakan ditempat lain
6.      Merencakan Bisnis Baru
       Perusahaan dapat mengatasi kesenjangan tersebut dengan tiga cara yaitu:
·    Dengan mengidentifikasi peluang untuk tumbuh dalam bisnis perusahaan saat ini (peluang tumbuh intensif)
·    Dengan mengidentifikasi peluang untuk membangun atau membeli bisnis yang berhubungan dengan bisnis perusahaan saat ini (peluang tumbuh integrative)
·  Dengan mengidentifikasi peluang untuk menambah bisnis yang tidak berhubungan dengan bisnis perusahaan saat ini (peluang tumbuh diversifikasi)




CORPORATE STRATEGY PLAN


1. Program Formulation
       Strategy after the business unit establishes its main strategy, the business unit must develop its support program. So if a business decides to pursue technological excellence, it must run a program to strengthen its research and development department, develop technology intelligence, develop cutting-edge products, train technical salespeople, design advertisements to communicate technological advantages etc.

2. Implementation
     Clear strategies and mature support programs are not necessarily enough. The bias company fails in implementation. Strategy is just one of seven elements, according to McKinsey Consulting Firm, shown by well-managed companies. The first three elements of strategy, structure and system are consider the "hardware" of success. The next four elements of style, staff, skills, and shared values ​​are the "software".

3. Establish a Corporate Mission
       The company's mission is formed by five elements:
· History, every company has a history of goals, policies and achievements
· Current preferences of owners and management
· The market environment affects the organization's mission
· Organizational resources determine which missions might be implemented
· The organization must base its mission on the main competencies (distinctive competences)
The mission statement should define the main competition areas in which the company will operate:
· The scope of indrustri: the group of industries considered by the company
· Scope of products and applications: the group of products and applications where the company will operate
· Scope of competence: technology group and other core competencies to be mastered and developed by the company
· The scope of market segments: the type of market and the customers the company serves
· Vertical scope: the number of channel levels from raw materials to end products and distribution used by the company
· Geographical scope: regional group, country or region to be entered by the company

4. Establishing a Strategic Business Unit (SBU)
  Most companies operate several businesses, management must avoid define based on a market that is too narrow or too broad. For example if a pencil manufacturer views itself as a stationery maker, it may resume producing pens. If he sees himself as a maker of writing equipment, perhaps he will make a word processor. The broadest concept of the business is the communications company, but it may be too far for the pencil maker.

5. Allocate Resources to Every SBU
   The purpose of identification of corporate SBUs is to provide strategic planning objectives and funding for each unit. The next task of the company is to determine the targets, strategic and budget given to each SBU. There are four alternative targets to choose from:
· Build here the advice is to increase SBU market share, even if it must sacrifice short-term profits.
· Hold here the goal is to maintain SBU market share
· Haevest: here the goal is to increase the SBU short-term cash flow regardless of its long-term consequences.
· Divest: here the target is to sell or liquidate a business because its resources are better spent elsewhere

6. Plan New Business
       Companies can overcome the gap in three ways:
· By identifying opportunities to grow in the company's current business (opportunities to grow intensively)
· By identifying opportunities to build or buy business related to the company's current business (integrative growth opportunities)
· By identifying opportunities to add businesses that are not related to the company's current business (opportunities to grow diversify)

No comments:

Post a Comment