sambutlah pagi dengan senyum kedamaian hingga gelap terbaring di pangkuanmu "( greet the morning with a smile of peace until dark was lying in your lap )"

Tuesday, December 26, 2017

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA




Faktor-faktor penentu pencapaian prestasi kerja atau kinerja dalam organisasi menurut A.A. Anwar Prabu Mangkunegara adalah sebagai berikut :
1.     Faktor Individu
Secara psikologis, individu yang normal adalah individu yang memiliki integritas yang tinggi antara fungsi psikis (rohani) dan fisiknya (jasmaniah). Dengan adanya integritas yang tinggi antara fungsi psikis dan fisik, maka individu tersebut memiliki konsentrasi diri yang baik. Konsentrasi yang baik ini merupakanmodal utama individu manusia mampu mengelola dan mendayagunakan potensi dirinya secara optimal dalam melaksanakan kegiatan atau aktivitas kerja sehari-hari dalam mencapai tujuan organisasi.
2.     Faktor Lingkungan.
Faktor lingkungan kerja sangat menunjang bagi individu dalam mencapai prestasi kerja. Faktor lingkungan organisasi yang dimaksud antara lain uraian jabatan yang jelas, autoritas yang memadai, target kerja yang menantang, pola komunikasi kerja efektif, hubungan kerja harmonis, iklim kerja respek dan dinamis, peluang berkarier dan fasilitas kerja yang relatif memadai.


Menurut Mangkunegara menyatakan bahwa faktor yang mempengaruhi kinerja antara lain :
1.   Faktor Kemampuan. Secara psikologis kemampuan (ability) pegawai terdiri dari kemampuan potensi (IQ) dan kemampuan realita (pendidikan), oleh karena itu pegawai perlu ditempatkan pada pekerjaan yang sesuasi dengan keahliannya.
2.   Faktor Motivasi. Motivasi terbentuk dari sikap (attitude) seorang pegawai dalam menghadapi situasi (situation) kerja. Motivasi merupakan kondisi yang menggerakkan diri pegawai terarah untuk mencapai tujuan kerja. Sikap mental merupakan kondisi mental yang mendorong seseorang untuk berusaha mencapai potensi kerja secara maksimal.


Menurut Gibson ada tiga faktor yang berpengaruh terhadap kinerja, yaitu :
1.     Faktor Individu
Faktor individu meliputi: kemampuan, ketrampilan, latar belakang keluarga, pengalaman kerja, tingkat sosial dan demografi seseorang.
2.     Faktor Psikologis
Faktor-faktor psikologis terdiri dari: persepsi, peran, sikap, kepribadian, motivasi, lingkungan kerja dan kepuasan kerja.
3.     Faktor organisasi
Faktor organisasi meliputi: struktur organisasi, desain pekerjaan, kepemimpinan, dan sistem penghargaan (reward system).
Dari beberapa pendapat para ahli diatas, penulis menyatakan untuk pengambilan variabel bebas dari penelitian ini tentang faktor yang mempengaruhi kinerja adalah pendapat dari Gibson yaitu faktor individu, faktor psikologis dan faktor organisasi.



Sumber :
Anwar Prabu 2000, Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Anwar Prabu Mangkunegara. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Gibson. 1997. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.

No comments:

Post a Comment